Sunday, December 22, 2013

Tips Meningkatkan Hafalan dan Daya Ingat Menurut Kitab Ta'limul Muta'alim

Assalamualaikum wr wb
Tips Meningkatkan Hafalan dan Daya Ingat Menurut Kitab Ta'limul Muta'alim
Meningkatkan Daya Ingat
Ini adalah postingan saya dulu waktu masih belajar di Madrasah Aliyah, dan baru saja saya tulis ulang agar tidak terbengkalai dan menjadikan konten blog ini terlihat terawat. Tips berikut adalah tentang bagaimana cara meningkatkan hafalan dan daya ingat yang kami dapatkan sewaktu belajar kitab Ta'limul Muta'alim.

Memang dalam hal hafalan dan daya ingat manusia berbeda-beda, ada yang mudah mengingat, ada juga yang pelupa. Tapi meskipun begitu, bukan tidak mungkin untuk kita asah tingkat hafalan dan daya ingat kita dengan cara sebagai berikut.
  1. Serius dalam belajar.
  2. Istiqomah dalam belajar.
  3. Mengurangi makan dan memperbanyak puasa.
  4. Memperbanyak sholat malam.
  5. Membaca Al Qur’an dengan melihat tulisannya walaupun kita sudah hafal.
  6. Memulai belajar dengan membaca: Bismillahi wa subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illahuwallahuakbar. walaa haulaa walaa quwwata illabillahil ‘aliyyil ‘adziimil ‘aliimil adada kulli harfin kutiba wayuktabu abadal aabidiina wadahroddahiriin.
  7. Setiap selesai sholat fardhu membaca:
  8. Aamantu billahi waahidil ahadil haqqi wahdahuu laa syariika lahuu wakafartu siwaahu.
  9. Memperbanyak membaca sholawat.
  10. Meninggalkan segala tindakan-tindakan maksiat.
  11. Siwakan, minum madu, makan kandarah dengan gula serta makan anggur merah 21 biji setiap hari sebelum anda makan apa-apa.
  12. Tidak riya’.
  13. Sholat dengan khusyu’. ini Untuk melatih konsentrasi.
Bila temen-temen serius mengamalkannya maka kalian akan melihat perubahan yang baik untuk kedepannya. Saya tetap mencoba hingga sekarang dan ternyata masih sulit karena banyak godaan dan rintangan. Tapi kita sebagai manusia tidak pantas untuk cepat menyerah, apalagi jika belum sempat mencoba.

Sip, itulah tips meningkatkan hafalan dan daya ingat menurut kitab Ta'limul Muta'alim yang saya pelajari, semoga bermanfaat untuk teman semua. Tetap semangat dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon