Tuesday, December 20, 2011

Asal- usul terbentuknya bahasa Inggris


English Language
 Dewasa ini perkembangan dan penyebaran penggunaan bahasa Inggris semakin meluas. Hal ini didukung dengan adanya globalisasi yang menuntut para pelakunya untuk bisa menguasai  bahasa Internasional ini. Maka jadilah bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib dimengerti dan difahami oleh masyarakat dunia.
Bahasa Inggris yang sekarang menyebar luas ke seantero dunia ini dibagi menjadi 2 kelompok besar yakni bahasa Inggris ‘British’ dan bahasa Inggris ‘America’.
Bahasa Inggris British ini adalah bahasa Inggris yang dipupuk, dipelihara, dipakai, dibina, dan dikembangkan di Inggris (bahasa Inggris asli). Bahasa Inggris British dikenal pula dengan nama ‘Received Pronounciation’ (RP). Bahasa Inggris British umumnya lebih formal karena adanya monarki (kerajaan Inggris Raya), dimana segala sesuatu sifatnya formal dna Protokoler.  
Sedangkan bahasa Inggris America ialah bahasaInggris yang dipupuk, dipelihara, dipakai, dibina, dan dikembangkan di Amerika Serikat. Bahasa Inggris America dikenal juga dengan nama General America. Bahasa Inggris America lebih cenderung formal dan Lebih popular karena industry hiburan terbesar didunia “HOLLYWOOD” ada di Amerika.
Sebelum menjadi sebuah bahasa Internasional saperti sekarang,
bahasa Inggris telah mengalami masa-masa pembentukan terlebih dahulu yang berlangsung selama ratusan tahun silam. Pembentukan dan perkembangan bahasa Inggris tersebut ialah sebagai berikut:
Ketika orang-orang Romawi menaklukkan daerah Inggris, mereka menaklukkan apa yang sebenarnya merupakan Negara berbahasa keltik (Celtic Speaking Country) yaitu Negara yang berbahasa bahasa pribumi Britania Raya yang meliputi Bretons, Cornish, Wels, Irish, Manx, dan Gaels. Orang-orang Romawi memperkenalkan adat istiadat dan hukum mereka sendiri kedalam negeri Inggris, tetapi tak banyak mencampuri bahasa. Namun, bahasa-bahasa pribumi penduduk Britania Raya itu bukanlah merupakan dasar bahasa Inggris modern seperti sekarang. Dasar untuk bahasa Inggris modern justu datang dari orang-orang Jerman yang membawa bahasa Jerman ke Inggris setelah orang-orang Romawi meninggalkan Inggris.
Ketika orang-orang Jerman menaklukkan Inggris, mereka tidak memakai bahasa Keltik; mereka sebenarnya mengusir orang-orang keltik ke tepi barat Inggris. Mereka membawa bahasa mereka sendiri dan mendiami negeri itu cara mereka sendiri. Oleh karaena itu, dasar-dasar bahasa Inggris adalaha bahasa Jerman. Berbagai suku bangsa Jerman yang menaklukkan Inggris pada waktu itu membawa beberapa versi bahasa Jerman, tetapi selama bertahun-tahun bahasa ini menjadi satu bahasa dan dikenal sebagai Old English atau Anglo-Saxon.
Selanjutnya, Bahasa Inggris merupakan bahasa utama negeri Inggris sampai tahun 1066 M ketika Duke William dari Normandia menaklukkan negeri ini. Ia kemudian memperkenalkan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi yang penting dari Inggris.
Namun, sekitar 200 tahun dibawah kekuasaan Perancis, bahasa Inggris  telah mengalami banyak perubahan. Itulah sebabnya dalam bahasa Inggris, meskipun dasar bahasanya Jerman, juga ada banyak kata dan ungkapan dalam bahasa Perancis yang telah ditambah dalam bahasa itu. Bangsawan Perancis Normandia tidak mengharapkan para pelayan atau bawahannya untuk berbahasa Perancis dan karenanya bangsawan itu sendiri  terpaksa harus belajar bahasa Inggris. Akhirnya terjadilah percampuran antara bahasa Perancis dan inggris. Namun, bahasa Inggris yang muncul adalah bahasa Inggris yang sangat berbeda dari Anglo-Saxon yang asli. Bahasanya menjadi jauh lebih bebas; ada kesulita-kesulitan yang lebih sedikitdalam tata bahasa, meskipuntentu saja ejaan bahasa Inggris dalam keadaan yang sangat membingungkan karena percampuran dua bahasa ini. 
Namun, pada abad XVI, para sarjana Inggris yakin bahwa bahasa Inggris tidak cukup perbendaharaan katanya. Oleh sebab itu, mereka memutuskan bahwa bahasa Inggris harus diperkaya dengan bahasa dari luar. Banyak kata-kata baru dipinjam dari bahasa Latin dan bahasa Yunani. Kita mendapati bahwa dalam bahasa Inggris banyak kata yang berasal dari bahasa Perancis dan kata yang sama dipinjam lagi dari bahasa latin dalam bentuk  yang agak  berbeda. Kini bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat kaya akan perbendaharaan kata (Business Sevendale house, 7 Dale Street Manchester, MIIJB, England)
Selanjutnya, ketika orang-orang Inggris menjajah Amerika, mereka menyebar luaskan penggunaan bahasa Inggris ini di Amerika. Bahasa asli warga Amerika pun menjadi tedesak oleh bahasa Inggris. Ditambah lagi adanya aturan penggunaan bahasa Inggris kesemua daerah jajahan membuat bahasa inggris pun mengakar kuat ditanah Amerika. Tapi, adanya perbedaan social budaya membuat pelafalan antara orang-orang Inggris asli dengan penduduk pribumi Amerika menjadi berbeda. Adanya perbedaan pelafalan ini membuat penulisan yang dilakukan oleh orang-orang British dan orang-orang Amerika pun berbeda. Akibatnya terkadang ada kata-kata dalam bahasa Inggris America yang tidak ada dalam bahsa Inggris Britih ataupun sebaliknya.
Sebelum tahun 1950 M, pengarauh bahasa Inggris America tidak terlalu besar. Akan tetapi lambat laun bahasa Inggris America mengalami perkembangan karena banyak lembaga-lembaga pendiddikan yang mendapat bantuan dari Amerika Serikat, juga banyak orang yang belajar di Amerika Serikat sehingga bahasa Inggris yang mereka gunakan pun bahasa Inggris Amerika. Selain itu, pada kurun waktu tersebut industry HOLLYWOOD sangat berkembang pesat dan merambah keseluruh belahan dunia sehingga imbasnya bahasa Inggris Amerika pun menjadi berkembang luas dan tersebar keberbagai penjuru dunia.
Demikianlah, asal-usul dan perkembangan bahasa Inggris sehingga bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional dan alat komunikasi dalam berbagai forum Internasional. Ternyata unik juga ya proses terbentuknya suatu bahasa itu. @_@ jangan lupa komen ya. Ok!!! Semoga bermanfaat.

2 Komentar

wah ternyata menarik banget ya asal usul suatu bahasa tu.
kalo asal usul bahasa gaul di Indonesia tu gimana ya?
bahasa allay gitu lo.
boleh dibahas.

Boleh juga itu gan, ya ditunggu aja buat ilmu selanjutnya :)


EmoticonEmoticon