Monday, February 27, 2012

Menulis Gagasan dalam Bentuk Paragraf Eskposisi


Hay sobat bichephy. Kali ini kita akan belajar sedikit mengenai cara menulis gagasan dalam bentuk paragraf eksposisi. Langsung aja, check this out!




Perhatikan paragraf berikut!

            Proses urbanisasi sangat terkait erat dengan mobilitas maupun igrasi penduduk. Ada sedikit perbedaan antara mobilitas dan migrasi penduduk. Mobilitas penduduk didefinisikan sebagaiperpindahan penduduk yang melewati batas wilayah administrasi tingkat II, namun tidak berniat menetap di suatu daerah yang baru
sedangkan migrasi penduduk didefinisikan sebagai perpindahan penduduk yang melewati batas wilayah administrasi tingkat II dan sekaligus berniat menetap di daerah yang baru tersebut.

Paragraf di atas bersifat menguraikan atau menerangkan satu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Bentuk karangan seperti itu disebut eksposisi.
Eksposisi atau penjelasan adalah bentuk tulisan atau retorika yang berusaha untuk menerangkan atau menguraikan suatu pokok pikiran, yang dapat memperluas pengetahuan seseorang (Gorys Keraf:1982:3). Percaya atau tidak para pembaca terhadap apa yang sedang diuraikan dalam suatu tulisan eksposisi, tidaklah penting bagi penulis. Setiap pembaca diperbolehkan menolak dan menerima apa yang dikemukakan penulis, sebab tujuan utama tulisan eksposisi bukan untuk meyakinkan pembaca, tetapi memberi pengetahuan pada pembaca. Karena bertujuan untuk memperluas pengetahuan, gaya bahasa yang digunakan dalam eksposisi gaya bahasa informatif, bahasa pemberitaan atau bahasa tanpa rasa subjektif dan emosional. Penulis berusaha menguraikan sejelas-jelasnya pokok permasalahan, sehingga pembaca dapat memahami yang dimaksud (Gorys Keraf, 1983:5). Data-data berupa grafik, statistik, diagram, gambar, organigram, dan lain-lainyang disertakan dalam tulisan eksposisi dimaksudkan untuk memperjelas uraian dan memperluas wawasan pembaca. Tahap awal dalam menyusun suatu tulisan adalah memilih atau menentukan topik. Apa yang akan kamu tulis atau pokok pembicaraan apa yang akan kamu bahas dalam tulisan kamu, dan sejauh mana batasan pokok persoalan yang akan kamu bahas. Untuk memilih suatu topik tulisan eksposisi, kamu perlu mempertimbangkan hal berikut:
1.     Topik haruslah menarik sebagai bahan pengetahuan.
2.     Kamu harus memahami betul permasalahan topik yang akan kamu bahas atau akan kamu kembangkan.
3.     Topik eksposisi sebaiknya bersifat suatu pernyataan ilmiah yang bertumpu pada hasil pengamatan, pengalaman, dan pendapat atau penalaran.

Ternyata mudah sekali bukan! Nah karena itu temen-temen jangan sampai bosan mempelajari bahasa kesatuan Bahasa Indonesia ini. Semoga bermanfaat! :)
Jika ada request, silahkan sampaikan lewat komentar atau kirim ke e-mail kami di social profiles. OK!

Sumber: BSE Belajar Efektif Bahasa Indonesia SMA 10 E. Kusnadi


EmoticonEmoticon