Sunday, July 15, 2012

Tips Menggunakan Keyboard dengan Baik dan Benar


Assalamu’alaikum wr. wb.
Tips Menggunakan Keyboard dengan Baik dan Benar - Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar sobat nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana sobat mengatur postur dan posisi tubuh sobat, terutama lengan sobat, sehingga sobat bisa menghindari kelelahan dan cedera.
Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya. Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat sobat mengetik pada keyboard.
1.      Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
Upayakan pergelangan tangan sobat selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan sobat seperti mengambang. Jangan tegang.
2.      Posisi siku menggantung
Pastikan siku sobat dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada ssobatran kursi saat mengetik, selain menyulitkan sobat untuk mengetik, juga membuat sobat tegang dan cepat lelah.
3.      Lemaskan jari telunjuk dan jari manis sobat
Kunci mengetik tanpa cepat lelah adalah melemaskan seluruh jari sobat. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4.      Tekan tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan sobat. Ingat, sobat sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5.      Bila tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan sobat sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi sobat di saat mengetik.
Nah, seperti itulah sedikit tips menggunakan keyboard dengan baik dan benar. Jadi jika sobat akan mengetik suatu bacaan yang panjang, jangan hanya asal ketik saja, tapi sobat juga harus memperhatikan segi kesehatannya. Cukup sekian dari saya, sebagai pembaca yang baik, tidak ada salahnya sobat tinggalkan jejak dalam bentuk komentar, tapi harus sesuai artikelnya ya, hehehehe. Selamat belajar dan salam sukses!
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Sumber: Keterampilan mengetik 10 Jari edisi III - Depdiknas


EmoticonEmoticon