Thursday, August 2, 2012

Cara Mudah Memahami suatu Bacaan - Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum wr. Wb.

cara mudah memahami bacaan yang sulit

Cara Mudah Memahami suatu Bacaan - Hay sobat, ketemu lagi deh dengan saya sie admin ingusan, hahahaha. Kali ini kita belajar bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia, yeeee. Nah untuk materinya adalam cara mudah memahami suatu bacaan. Untuk memahami suatu bacaan, sobat harus tahu definisi dasar-dasarnya dulu, nieh aku jelasin. Cekidot!

Kemampuan memahami bacaan ataupun memahaminya merupakan hal yang harus diketahui sob. Nah, dalam bacaan kalian harus tahu gagasan pokoknya (gagasan utama, pokok pikiran, pikiran utama, bla bla bla....), cara termudah adalah lihat kalimat pertama (no.1) dan kalimat terakhir, nah biasanya gagasan pokoknya nongol disitu, selanjutnya kalian juga mencari gagasan pendukung (penjelas si gagasan utama).

Gagasan utama dalam bacaan adalah hal yang diungkapkan dalam suatu paragraf. Gagasan ini merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan paragraf. Gagasan pokok terdapat pada kalimat topik, yaitu kalimat yang mempunyai makna paling umum diantara kalimat-kalimat lainnya. Gagasan utama inilah yang akan membantu kalian untuk mudah memahami suatubacaan.

Termasuk dalam kemampuan memahami suatu bacaan adalah membuat dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan yang kita ketauhi dengan sebutan 5W1H (paling sobat dan jago soal tuh).

Okey dah sob, itulah cara mudah memahami suatu bacaan versi saya. Cara ini saya share karena sukses saya terapkan pada soal SNMPTN 2012 kemarin sob. Jika sobat masih mengalami kesulitan silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat, selamat belajar dan salam sukses!

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

1 Komentar so far


EmoticonEmoticon