Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Hay sob, kali ini kita belajar biologi materi kelas X bab 1 yakni tentang tingkat keanekaragaman hayati (biodiversitas). Langsung saja sob, check this out!

Tingkat Keanekaragaman hayati

Keanekaragaman pada makhluk hidup itu menunjukkan adanya variasi bentuk fisik, penampilan, ukuran, dan lain-lain. Nah, keanekaragaman ini dipengaruhi oleh beberapa faktor sob, seperti gen (faktor internal) dan lingkungan (faktor eksternal). Untuk tingkatannya ada 3, yakni:
  1. keanekaragaman hayati tingkat gen, terlihat dari adanya variasi/perbedaan sifat individu dalam satu spesies. Ini terjadi karena ada perbedaan dalam komposisi gen, contohnya sob yakni tanaman padi (varietas IR, PB, Rojolele, dll).
  2. keanekaragaman tingkat jenis, terlihat dari perbedaan antara spesies satu dengan yang lain. Contohnya sob yakni kelapa, palem, aren, dll (keluarga Palmae).
  3. keanekaragaman hayati tingkat ekosistem, memunculkan perbedaan  interaksi antara faktor biotik dengan abiotik pada lingkungan yang mempunyai keanekaragaman tertentu, contohnya gurun, padang rumput, hutan hujan, tundra, danau, pantai, dll.
Kata kunci:
1. tingkat gen (variasi dalam satu spesies)
2. tingkat jenis (variasi dalam satu keluarga)
3. tingkat ekosistem (variasi interaksi antara biotik dengan abiotik)

Nah, mudah-mudahan sobat bisa membedakan tingkat keanekaragaman hayati satu dengan yang lain. Coba hafalkan kata kunci tersebut, kemudian coba kerjakan soal kalian sendiri.

Sekian materi tentang tingkat keanekaragaman hayati, selanjutnya nanti kita akan membahas tentang klasifikasi makhluk hidup dan penamaan binominal, OK sob! Semoga bermanfaat, selamat belajar dan salam sukses!

Wassalamu’alaikum wr. Wb.
Previous
Next Post »

* Komentar harus sesuai topik dan jangan mencantumkan LINK AKTIF.
* Berkomentarlah dengan sopan dan jangan jadi Spammer.
* Silahkan cantumkan nama dan URL pada opsi Open ID (kalau ada).
* Untuk mendapatkan balasan, checklist Notify me/Ingatkan saya.
* Tim El Abad mengucapkan terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment