Saturday, September 8, 2012

Horeee, Kampusku Naik Lagi! Peringkat Website Undip Naik Tajam

Lama nggak update blog, eh malah tambah sepi, ya dengan segala kesabaran saya berusaha berbagi dengan sobat semua. Kemarin habis verifikasi registrasi di Undip langsung tancap ke warnet, hehehe (maklum belum punya laptop sendiri). Seperti biasa saya jalan-jalan ke media informasi Indonesia, seperti Kompas, Sindo, Detik, 4ICU, Webometrics, Media Indonesia, dan sebagainya. Mampir di suara merdeka, eh dapet berita gembira yang tak terduga tentang ranking website Undip menurut Webometrics. Wah. Bahagia banget rasanya karena kampus baruku itu naik peringkatnya dengan signifikan. Seperti inilah kurang lebih beritanya.

Website Universitas Diponegoro (Undip) menduduki peringkat 10 se-Indonesia versi Webometrics. Sedangkan di tingkat dunia, ranking tersebut naik tajam dari peringkat 1.310 (Januari 2012) menjadi 948 (Juli 2012).

"Prestasi ini terbilang paling bagus mengingat umur IT Undip yang baru memulai penguatannya pada akhir 2008, sedangkan perguruan tinggi lainnya sudah lebih lama mulai," ujar Staff Ahli Pembantu Rektor (PR) IV Undip Dr Istadi, hari ini (6/8), dalam jumpa pers.

Dosen Teknik Kimia Undip ini menjelaskan, pemeringkatan tersebut dilihat dari empat parameter yakni presence (bobot 20%), impact (50%), openess (15%) dan excellence (15%). Dijelaskan, parameter presence dilihat dari jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tetapi tidak termasuk rich files.

Selanjutnya, parameter impact merupakan jumlah link eksternal yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

Sedangkan opennes merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online di bawah domain website universitas, serta tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Sementara untuk parameter excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011).

"Hingga kini jumlah artikel ilmiah Undip yang terindex di Scopus mencapai 415, jauh meninggalkan universitas lainnya di Jateng," imbuhnya.

Lebih rinci, dia mengatakan dari segi presence Undip berhasil menduduki peringkat dua di Jateng dan 20 nasional. Selanjutnya, dari sisi impact website Undip berada di peringkat kedua se-Jateng dan 15 nasional. Parameter opennes menempatkan website Undip di peringkat tiga terbaik nasional setelah ITS dan UMM. Hal itu berarti komitmen Undip untuk penyebaran karya-karya ilmiah fulltext ke masyarakat lebih baik daripada yang lain.

Sedangkan berdasarkan parameter excellence yang menunjukkan jumlah publikasi artikel ilmiah internasional di Scimago/Scopus, website Undip menempati ranking lima nasional (ranking 1 Jawa Tengah) setelah UI, ITB, UGM, dan IPB.

Hem, ternyata memantau perkembangan pendidikan di Indonesia menarik juga untuk disimak sob. Semoga bermanfaat!

Sumber: suaramerdeka.com

4 Komentar

manteb sob...ane di UNS kira-kira peringkat berapa ya..

UNS kalo gak salah peringkat 9 deh gan, dibawahnya UNDIP dan UNBRAW ,itu menurut 4ICU. Coba agan cek aja disini. :)

wah, senangnya kualitas pendidikan tinggi di Indonesia meningkat, semoga nanti indonesia bisa menembus 100 besar dunia seperti universitas singapura...

@ichwan hausgame: UNS juga naik dari peringkat 1186 pada januari 2012 menjadi 885 pada Juli 2012.... ehm,,, senangnya

agan ipin absen ya, hahaha.
ayo kita sama berjuang demi bangsa ini gan,, khususnya untuk almamater kebanggaan, :D


EmoticonEmoticon