Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pondok Pesantren

PENGERTIAN PONDOK PESANTREN - PONDOK PESANTREN

Mungkin kata pondok pesantren sudah tak asing lagi buat sobat, tapi mungkin juga banyak dari temen-temen yang belum tahu tentang pondok pesantren. Nah, kali ini admin ingin berbagi ilmu yang saya pelajari ketika duduk di bangku MA Abadiyah Gabus. Dalam kajian pelajaran ke-NU-an, pelajaran pertama yakni tentang seluk-beluk pondok pesantren, yuk kita simak.

Kata pondok pesantren merupakan dua kata yang saling berkaitan dan mempunyai tujuan sama sebagai tempat tinggal sementara untuk belajar agama Islam. Kata pondok berasal dari bahasa arab funduq yang berarti ruang tidur, wisma, hotel sederhana. Sedangkan pesantren berarti tempat tinggal santri.
Pada umumnya ya sob, di pondok pesantren (singkat: ponpes) pendidikan dan pengajaran dilakukan dengan sistem weton (bandongan), yakni kyai membacakan, menerjemahkan, menerangkan, dan mengulas kitab-kitab klasik sedang para murid menulis hal-hal pentinga yang disampaikan kyai. Cara ini juga disebut halaqoh yang berarti lingkaran murid karena santri berkelompok belajar di bawah bimbingan seoarang guru. Selain bandongan, di ponpes juga ada cara sorogan sob, yakni membaca teks yang sudah dipelajari baik di hadapan kyai atau temen sendiri, ya semacam menyimak gitulah sob. Cara ini diberlakukan kepada santri-santri yang cukup maju dan berminat menjadi kyai juga, wah wah wah, kereeeennn... ^^
Sedang pengertian ponpes menurut isltilah adlah lembag apendidikan tradisonal Islam, tempat para santri belajr agama Islam dan menerapkan moralitas Islam sebagai pedoman. Menurut Imam bawani m. Pesantren adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam, umumnya dengan cara nonklasikal.

Sebenarnya admin ingin masuk ponpes sob, tapi karena keterbatasan biaya dan sudah masuk kuliah yah mungkin masuk MA sudah cukup untuk membekali diri terutama agama, tapi sebaiknya juuga kuliah sambi belajar Islam lebih baik sob, Islam is never dies, yeeee ... :)

Nah, sekian dulu admin berbagi ilmu tentang pengertian pondok pesantren. Moga jadi berkah dan inspirasi mungkin dari temen-temen tertarik masuk ponpes untuk belajr Islam, banyak hal yang menyenangkan di ponpes (kaya temenku sih, hehehehe). Semoga bermanfaat dan salam sukses!
Court: Ke-NU-an Ahlussunnah Waljamaah, Achmad Latief

Posting Komentar untuk "Pengertian Pondok Pesantren"