Saturday, December 29, 2012

Cara Menginstal Android di Eclipse (untuk yang ingin jadi Programmer Android)

Cara Menginstal Android di Eclipse – sekarang jamannya Android, itulah ucapan masyarakat yang banyak menggunakan smartphone ber-OS “robot hijau” sekarang. Memang sekarang system operasi android merajai pangsa pasar OS, tentu membuat peluang pengembang aplikasi untuk berlomba membuat aplikasi android semakin pesat. Apalagi android bisa dikembangkan oleh siapa saja dan semuanya gratis. Sampai-sampai kebanyakan ponsel di lingkungan kampusku android semua.

Kali ini saya share tentang Cara menginstal android di eclipse dan ini yang penting untuk memulai menjadi programmer android (meskipun sekarang banyak programmer android yang tidak memakai eclipse sebagai IDE-nya). Pasti menyenangkan jika kita bisa membuat aplikasi android untuk melatih kreatif kita, apalagi bisa bermanfaat bagi orang lain, rasanya pasti bangga. :)

Oke, langsung saja kita masuk pembahasan cara instalasi android di eclipse. Pertama, sobat download dulu bahan-bahan (software) yang diperlukan untuk instalasi android di eclipse.

  1. SDK java bisa di download disini.
  2. Download Instaler untuk emulator androidnya(SDK) disini
  3. Download platform tools untuk androidnya disini
  4. Download platform android yg akan kita gunakan, dalam hal ini saya menggunakan GingerBread. bisa didownload disini
  5. Bagi yang belum punya eclipse(IDE untuk membuat aplikasi android) bisa didownload disini
  6. Download plugin untuk eclipsenya yaitu ADT. download disini

Jika semuanya sudah diunduh, berarti kita siap untuk tahapan instalasi. Mungkin ada yang bertanya, mengapa jika ingin menginstal android harus instal java segala? ya karena dasarnya android itu java, jadi mau gak mau kita harus instal java juga, tapi ada juga cara coding di android tanpa menggunakan bahasa java. Bahasa yang biasa dipakai untuk coding android adalah bahasa visual basic.

Lanjut ke tahap instalasi eclipse yang sifatnya portable, mungkin tanpa kita install sudah langsung bisa dijalankan, jadi sekarang tinggal buka eclipsenya.

Jika sudah kita pilih menu help>instal new software, seperti pada gambar diatas.Nanti akan keluar sebuah window, kemudian kita klik add pada window tersebut :
Tinggal isi apa saja di dalam kotak add repository, pada kotak masukan Name, misal sobat masukan ADT, atau ADT Plugin sesuai kemauan sobat. Lalu pada kotak masukan location sobat klik local, kemudian pilih adt yang sudah didownload sebelumnya, atau masukan url https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ jika sobat mau eclipsenya mencari adt sendiri secara online. Jika sudah, nanti akan keluar tampilan seperti dibawah, di klik next aja sampai finish.
nanti aplikasi akan menginstal otomatis.
Nanti eclipse akan merestart otomatis, dan jika eclipsnya sudah terbuka lagi, ia akan meminta pengaturan dari sdk yang akan kita gunakan nantinya. Ow iya, kita diharuskan untuk meng extract android sdk yang sudah kita download sebelumnya, kita bisa meletakannya dimana saja, tetapi biar mudah dicari, sobat extract saja di drive C:\Android\
kemudian kita extract juga platform yang kita download sebelumnya kedalam folder platform yang merupakan sub folder dari android-sdk-windows. Jika sudah, klik icon avd. Kemudian kita buat emulator yang akan digunakan dalam eclipse kita. Jika icon avd sudah di klik, nanti akan keluar window seperti dibawah ini :
disini kita pilih, pilihan virtual device, kemudian akan keluar window lagi seperti pada gambar dibawah : 

pada target, isikan jenis android yang kita ingin buat emulatornya, setiap tipe android, biasanya emulator yang digunakan berbeda-beda, ada yang jenis handphone, atau tablet, ukuran layarnya juga berbeda-beda. Jika sudah lengkap yang diisikan kita klik tombol create avd.
Jika sudah semua, kita klik start>launch ,dan emulator yang kita instal akan keluar 


Bagaimana? Mudah bukan? Saya yakin sobat bisa dan kita tinggal membuat aplikasi android yang keren. Insyaallah berikutnya akan saya berikan tutorial pembuatan aplikasi android sederhana, tapi yang sabar ya karena tugas udah numpuk, takut jadi sampah, hehehe. Oke, selamat mencoba dan semoga bermanfaat sob!

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Cara Menginstal Android di Eclipse (untuk yang ingin jadi Programmer Android)

2 Komentar

klo ice cream sandwich carany sama gak gan.. terus saya pake java 7_1 netben kok eclipse ny gak jalan ya gan

iya gan, untuk sekarang itu eclipse-nya udah 1 paket sama ADT dari situs Android, saya juga baru mulai gan. Coba eclipse yang itu dulu gan, kalo cara yang dulu kan downloadnya satu-satu. Ini udah satu paket, goodluck ya gan! :D


EmoticonEmoticon