Friday, May 17, 2013

Tips Sukses Ujian Akhir Semester

Assalamualaikum wr wb
Tips Sukses Ujian Akhir Semester - Alhamdulillah rasanya setelah lama admin absen di dunia blogging bisa kembali menyampaikan ilmu kepada sahabat setia El Abad. Karena admin nggak selamanya membahas tentang masa SMA, kali ini admin ingin sedikit share tentang masa kuliah yakni fase UAS. Ujian akhir semester merupakan evaluasi bagi para mahasiswa untuk mengetahui seberapa jauh kemampuannya dalam menyerap pelajaran pada suatu mata kuliah. Sebentar lagi kita akan menghadapi UAS, dimana semua mahasiswa akan menunjukkan kebolehannya bergelut dengan soal-soal untuk memperjuangkan huruf yang diidam-idamkannya, hehehe. Saya yakin kamu semua ingin sekali mendapat nilai A untuk setiap mata kuliah yang kamu ikuti. Untuk itu mau tidak mau kamu harus sukses UAS!

Biasanya persentase nilai UAS lebih dari 40% atau malah ada yang lebih dari 60%. Bayangkan jika kamu sebagai mahasiswa melupakan yang namanya UAS, bisa jadi nilai kamu maksimal C. gak mau kan?

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan trik agar kamu bisa sukses UAS, ini dia simak baik-baik.

1. Ketahui Jadwal Ujian lebih awal
Ini sangat penting. Jika kamu mengetahui kapan akan ujian, maka kamu akan mempersiapkan diri lebih awal seperti belajar dan menyiapkan bahan apa saja yang kira-kira akan muncul dalam ujian. Perkirakan kapan kira-kira UAS akan dilaksanakan. Lebih cepat kamu mengetahuinya maka akan lebih baik kamu mempersiapkan diri.

2. Kumpulkan Bahan Ujian Sesegera Mungkin
Nah, jika kamu telah mengetahui kapan kira-kira UAS akan dilaksanakan, langkah berikutnya adalah mengumpulkan bahan apa saja yang kemungkinan besar akan diujikan pada UAS. Kamu tentu ingat bagaimana dosen saat kuliah terus memberikan soal dan merincinya dengan sangat baik, maka kemungkinan besar soal itulah yang akan keluar.
Ada juga dosen baik hati yang mengijinkan mahasiswanya untuk open book saat ujian. Nah disini kamu harus mempersiapan bahan atau buku apa saja yang diperlukan untuk ujian. Kerja keras kamu untuk mengumpulkan bahan ini tentunya akan membuat kamu termotivasi untuk belajar dan kemungkinan untuk mendapat nilai A menjadi lebih besar.
Selain itu, sebagian dosen yang baik akan memberikan kisi-kisi. Ini yang saya tunggu-tunggu, langsung tancap gas dan mempelajari apa yang termuat dalam kisi-kisi tersebut karena pasti itu keluar di soal UAS nanti.

3. Ketahui Nomor Hape Dosen
Saya pernah akan ujian, setelah mengunggu lama si dosen tak kunjung datang. Akhirnya 3 jam kemudian dosen datang dan saat saya mengatakan kapan ujian akan dilaksanakan ia mengatakan bahwa ia benar-benar lupa bahwa hari itu ada ujian. Saya bisa maklum jika seperti itu karena dosen juga manusia biasa yang sering lupa. Masalahnya adalah bahwa waktu yang sangat berharga jadi terbuang. Coba bayangkan waktu 3 jam itu digunakan untuk belajar maka bukankah akan menjadi lebih baik?
Untuk itu saya sangat menyarankan setidaknya kamu memiliki nomor telepon sang dosen jika sewaktu-waktu ada kejadian yang serupa seperti saya, maka dengan cepat kamu bisa menghubunginya untuk meminta konfirmasi.

4. Belajar Belajar Belajar
Langkah berikutnya sekaligus yang paling penting adalah BELAJAR. Meskipun kamu telah mengumpulkan bahan ujian dengan baik tapi tidak dipelajari, bagaimana mungkin kamu bisa berhasil saat ujian?
Nah sebagai mahasiswa kamu harus memiliki dorongan tersendiri untuk belajar. Mengapa saya harus belajar? Kalo tidak belajar nilai saya akan jadi apa? Bagaimana dengan orang tua saya nanti yang telah susah payah membiayai kuliah saya?
Pikiran-pikiran seperti itu perlu kamu tanamkan dalam hati sebagai suatu motivasi bahwa kamu sedang berada dalam jembatan emas masa depan kamu. dan tentu saja kamu tidak ingin terjatuh dan mendapat nilai jelek. Untuk itu balajar terus dan jangan pedulikan apapun yang bisa menghalangi impian kamu untuk mendapatkan nilai A. Kamu adalah satu-satunya orang yang bisa membuat masa depanmu lebih baik, bukan orang lain, bukan pacarmu dan bukan orang tuamu!

5. Datang 15 Menit Sebelum Ujian
Kamu harus datang 15 menit sebelum ujian dimulai! Ini sangat penting misalnya kamu bisa memilih tempat duduk yang paling nyaman untuk kamu dan membaca-baca bahan ujian, mengingat-ngingat apa saja yang kira-kira akan diujikan dan lain sebagainya.

Untuk bisa tiba 15 menit sebelum ujian maka kamu harus berangkat dari rumah lebih awal. Jika rumah atau kos kamu jauh maka waktu berangkat bisa ditambah. Jangan khawatir dengan jam karet indonesia ang penting kamu bisa lebih siap untuk ujian dan yang lebih penting lagi adalah mendapat nilai A.

6. Pilih Tempat Duduk Yang Kamu Anggap Paling Nyaman
Ini juga penting. Pilihlah tempat duduk yang paling nyaman bagi kamu untuk mengerjakan soal. Bisa di depan, pinggir dekat tembok atau di belakang. Namun jika kamu memilih tempat duduk di belakang kamu bisa saja risih karena ada teman yang bertanya ini itu. Tapi semua kembali ke kamu, jika kamu sendiri merasa nyaman tentu kamu akan semangat mengerjakan soal.

7. Tidak Usah Pedulikan Teman Yang Ingin Bertanya (Mencontek)
Lagi asik konsentrasi tiba-tiba teman sebelah mau nanya. Bete kan? gak dijawab gak enak tapi mau gimana lagi, kamu harus tegas kepada diri kamu. Diamkan saja atau jika ia mendesak kamu ucapkan saja, "Iya nanti" sambil terus berkonsentrasi pada jawaban kamu. Tidak usah pedulikan toh kamu dapat nilai A atau E ia gak akan peduli.

Lagian yang paling memberi saya pelajaran adalah saya pernah memberi contek kepada seorang teman eh malah dia yang dapet B saya dapet C.

8. Perhatikan Korelasi Waktu
Perhatikan berapa korelasi waktu yang ada pada lembar soal dan jumlah pertanyaan. Sekilas baca kamu yang sudah belajar pasti tahu jawabannya kira-kira panjang gak atau pas tidak waktunya klo semua dijawab dengan santai. Kalo kamu mengasumsikan korelasi waktu dan jumlah soal sangat mepet alias harus kebut ngerjainnya maka mau gak mau kamu harus cepat menulis jawaban yang ada pada kepalamu saat itu juga.

9. Berikan Hadiah Kepada Diri Kamu
Abis ujian pasti pala' puyeng, bolehlah nonton film yang abis di download di indowebster kemaren atau maen game 2 jam! tapi inget besok ada ujian lagi gak, jangan sampe keasyikan maen malah lupa klo besok ada ujian.
Memberi hadiah kepada diri sendiri bisa memberikan semangat tambahan. Tetapkan hadiah apa yang akan kamu berikan jika kamu merasa sukses mengerjakan semua soal pada hari itu.

10. Berpikirlah Sukses
Kamu berpikir benar ataupun salah, semua itu benar (Henry Ford). Kamu harus berpikir bahwa kamu akan sukses UAS dan mendapat nilai terbaik. IPK tinggi dan segala sukses lainnya.

Pikiran kamu tersebut semua akan kembali kepada kamu. Kamu berpikir gagal maka kamu gagal, kamu berpikir berhasil maka kamu pasti berhasil. Entah bagaimana caranya, alam pasti memberikan semua pemikiran yang ada pada kepalamu. Jadi, hati-hati dalam berpikir!
Be positive ;)

Nah, itulah beberapa tips sukses Ujian Akhir Semester. Jangan sungkan untuk mempraktekkannya karena semuanya akan kembali kepadamu. Kesuksesan kamu adalah atas apa yang kamu pikirkan dan kerjakan. Terima kasih ya sudah berkunjung sahabat, semoga Ujian kalian sukses, amin. :)
Wassalamualaikum wr wb
Thanks to: Kak Romi Fahriza

6 Komentar

Alat tulis yang baik juga perlu kak, jangan sampai persiapan matang menghadapi ujian berantakan gara-gara lat tulis yang bermasalah.

sama-sama, sangkyou udah berkunjung :D

Nice Info sangat berkualitas....


EmoticonEmoticon