Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Berdoa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

Assalamualaikum wr wb

Manfaat Berdoa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
Manfaat Berdoa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani - Alhamdulillah saya masih bisa menemani temen-temen semua yang selalu setia berkunjung di blog ini. Kali ini saya ingin mengajak kalian semua untuk memaknai kehidupan ini dengan berdoa. Salah satu ritual yang paling dianjurkan dalam tradisi agama yaitu berdoa. Namun, banyak umat beragama yang hanya memahami dan mempraktekkannya sebagai ritual semata untuk mendapatkan pahala, tanpa menaruh harapan akan dikabulkannya doa tersebut. Padahal, harapan sebenarnya justru inti dari doa teman. Sebab, dengan harapan itulah, doa yang kita panjatkan berkembang menjadi semangat dalam berikhtiar. Selain sebagai sebuah ritual, doa sebenarnya memiliki ragam manfaat bagi subjeknya. Ragam manfaat itu, diantaranya: 

Mengurangi frekuensi stress. Berdoa bermanfaat untuk mengurangi intensitas stress akibat beragam problematikan yang mewarnai hidup. Sehingga, akan didapat kenyataan bahwa mereka yang malas berdoa akan lebih mudah untuk mengalami stress. Sebab, mereka tak menjadikan Tuhan sebagai sandaran bagi keluh-kesah (‘curhat’) dan tumpuan harapan atas persoalan yang menggelutinya.

Mengurangi rasa putus asa. Karena salah satu inti doa adalah harapan, maka mereka yang tekun berdoa akan memiliki kemampuan lebih untuk tidak mudah putus asa saat berada dalam kondisi kejatuhan atau kegagalan.

Menurunkan emosi jua termasuk salah satu Manfaat Berdoa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani. Seorang yang sering berdoa akan lebih mampu mengendalikan emosi diri. Sebab, ia merespon segala sesuatu dengan tenang (tuma’ninah) dan prasangka baik (positive thinking).

Meningkatkan ketegaran hati. Seorang yang rajin berdoa akan lebih tegar dalam menghadapi musibah. Sebab mereka merasa memiliki Tuhan sebagai sandaran dirinya.

Meningkatkan kemampuan pengembangan diri. Seseorang yang tekun berdoa akan memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengembangkan diri dengan lebih maksimal. Sebab, ia meyakini bahwa Tuhan menganugerahinya talenta yang patut dikelola dan dikembangkannya. Mereka juga tak hanya memahami upaya pengembangan talenta itu sebatas sebagai kunci kesuksesan, namun bentuk rasa syukur kepada Tuhan sebagai pemberinya.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Berdoa juga diyakini mampu melindungi tubuh dari penyakit-penyakit yang disebabkan gangguan psikis.

Menjaga peluang keselamatan. Dengan berdoa, seorang berarti telah menjaga peluang keselamatan bagi dirinya di kehidupan akhirat nantinya. Sebab, doa merupakan salah satu modal terbaik bagi manusia di akhirat kelak.

Nah dengan sedikit menata niat kita ketika berdoa Insyaallah akan mudah dikabulkan dan menjadikan diri kita senantiasa sehat jasmani maupun rohani. Demikian  Manfaat Berdoa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani yang semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sekian dan tetap semangat menjalani aktivitas kalian, GANBATTE!

Wassalamualaikum wr wb

Referensi: http://www.mizan.com/news_det/manfaat-doa-bagi-psikis-dan-kesehatan.html

10 komentar untuk "Manfaat Berdoa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani"

  1. Singgah di blog juragan dan salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, makasih udah mampir yow! semoga yang saya berikan bermanfaat,

      Hapus
  2. Terima kasih atas informasinya gan.. Sangat bermanfaat buat saya..
    Pakar SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhmdulillah jika bermanfaat, terimakasih kunjungannya sobat :)

      Hapus
  3. Thanks banget infonya... salam kenal HFR Blog

    BalasHapus
  4. Ok om, terimakasih atas postingan bermanfaatnya.
    http://goo.gl/1UqULY

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya mas misbah,

    HWI

    BalasHapus
  6. Bagi saya berdo'a adalah penenang bagi setiap harapan yg kita raih,,

    Perlengkapan Bayi

    BalasHapus