Saturday, May 11, 2013

Info Terbaru Seputar E-KTP

Assalamualaikum wr wb

Info Terbaru Seputar E-KTPInfo Terbaru Seputar E-KTP - Pagi-pagi udah nonton berita di TV eh nemunya tentang e-KTP mulu. Yaudah aku angkat aja ke topik blog ini selanjutnya. Sobat tahu kan tentang e-KTP? Mungkin ada yang sudah dan ada yang belum. Ada yang sudah dapet? Aku aja belum sob, hehehe. Nah langsung simak aja ya.
e-KTP atau electronic KTP adalah terobosan terbaru pemerintah Indonesia dalam hal pencatatan dan penandaan penduduk Indonesia dengan tujuan untuk mempermudah proses yang berhubungan dengan kependudukan. e-KTP sendiri adalah sebuah media baru berupa kartu tanda penduduk yang didalam nya tertanam sebuah chip yang menyimpan semua data pemilik e-KTP tersebut. Jadi, data-data yang berhubungan dengan kepedudukan dan semua data yang tersimpan akan sangat cepat diproses dan mudah diakses sehingga bisa mempersingkat waktu dan memudahkan pekerjaan manusia. Canggih kan?

Tapi, tahukah kamu bahwa setelah beberapa waktu dikeluarkannya e-KTP ini, beredar surat edaran yang menjelaskan tentang e-KTP tersebut beserta tata cara penggunaannya. Yang paling mengecewakan bagi sebagian orang adalah: e-KTP tersebut akan rusak setelah difoto-copy lebih dari satu kali. Padahal kita tahu sendiri bahwa kebutuhan dan keberadaan akan e-KTP sangatlah penting sehingga banyak segmen-segmen kehidupan sehari-hari yang membutuhkan e-KTP, jadi tak heran banyak orang yang melakukan penggandaan dengan cara memfoto-copy e-KTP miliknya.

Jika e-KTP sudah pernah difoto-copy lebih dari sekali, itu artinya e-KTP sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Kenapa bisa begitu ya? Iya, tadi aku mencari info dari beberapa sumber yang menyatakan dan menjelaskan hal tersebut. Info tersebut saya dapatkan dari Mendagri, merdeka.com, republika dan antaranews.com. Untuk info selengkapnya sobat bisa mengunjungi sumber yang sudah saya sebutkan.

Mungkin ada beberapa pertanyaan yang muncul seiring dengan beredarnya surat tetang tata cara penggunaan e-KTP ini seperti:
1. Mengapa teknologi seharga 5,8 triliun bisa kalah dengan foto copy?
2. Mengapa sosialisasi dan surat edaran baru muncul setelah e-KTP beredar luas?

Aku sendiri bingung mau jawab apa sob, mungkin cara terbaik untuk mengantisipasi adalah dengan men-scan e-KTP satu kali buat masteran data jika sewaktu-waktu kopian e-KTP dibutuhkan, gimana? Oke cukup sekian dari aku tentang informasi seputar e-KTP. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat!

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon