Thursday, May 30, 2013

Jurusan Kuliah Paling Banyak Diminati

Assalamualaikum wr wb

Jurusan Kuliah Paling Banyak Diminati

Hay sobat, haduh! Daripada aku pusing mikirin tugas akhir praktikum Dasar Pemrograman mending update blog yaa, hehehe. Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang perkuliahan yakni apa saja jurusan yang paling banyak diminati.

Memang dalam memilih jurusan itu sangat penting sebagai awal perjuangan kita dalam menggapai kesuksesan nantinya, biasanya dalam memilih jurusan mereka mengikuti keinginannya, mendukung hobinya, atau sekedar mengikuti keinginan orang tua. Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi pasti tidak ingin salah langkah dengan memilih jurusan nantinya. Ada baiknya untuk mengintip 10 jurusan yang dicatat oleh QS Top Universities belakangan ini. Sepuluh jurusan ini diketahui banyak dilirik oleh lulusan sekolah menengah atas saat akan meneruskan pendidikan.

Berikut 10 jurusan tersebut:

  1. Kedokteran, Peringkat pertama dipegang oleh jurusan kedokteran. Nah, bagi yang ingin memilih jurusan ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih universitas yang memiliki jurusan kedokteran berkualitas.
  2. Ilmu Komputer, Jurusan ini menempati posisi kedua setelah kedokteran. Tentu saja, karena perkembangan teknologi saat ini cukup pesat sehingga orang-orang yang memiliki kemampuan ini sangat dicari. Karena itu saya memilih jurusan ini, yakni di Teknik Sistem Komputer Universitas Diponegoro, meskipun baru berdiri 5 tahun yang lalu jurusan saya ini cukup membanggakan dalam prestasinya. Yang membuat jurusan ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan ini berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi.
  3. Hukum, Seperti jurusan kedokteran, jurusan ini merupakan salah satu subjek yang menerima banyak permintaan lulusan baru yang memiliki reputasi bagus. Namun tentu saja, untuk sukses di bidang hukum ini tidak boleh asal memilih universitas yang menawarkan jurusan hukum.
  4. Ekonomi, Untuk jurusan non-eksakta, Ekonomi menduduki peringkat kedua setelah hukum. Meski lulusan yang berasal dari bidang ini cukup banyak, permintaan perusahaan tetap tinggi. Tujuan anak-anak yang memilih jurusan ini tentu saja agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah selesai melanjutkan pendidikan tinggi.
  5. Teknik Mesin, Jurusan ini banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan honor tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.
  6. Psikologi, Selain jurusan kedokteran, ada satu jurusan yang tidak berbeda jauh yaitu jurusan psikologi. Jurusan ini selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris dan bahkan dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat anak-anak yang lulus SMA memilih jurusan psikologi sebagai pendidikan lanjutan.
  7. Teknik Elektro, Untuk bidang teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget.
  8. Matematika, Jurusan selanjutnya adalah matematika. Meski ilmu ini adalah ilmu dasar, permintaan akan ahli matematika tetap saja tinggi. Pasalnya, ahli matematika saat ini memiliki lahan kerja yang sangat luas dibandingkan jurusan lain.
  9. Fisika, Tidak berbeda jauh dengan jurusan matematika, jurusan fisika juga banyak diminati. Uniknya, minat di jurusan fisika ini meningkat karena banyaknya film bertema science seperti The Big Bang Theory membuat anak-anak muda berubah pikiran bahwa menjadi ilmuwan ternyata keren.
  10. Geografi, Jurusan yang terakhir ini baru-baru saja banyak diminati yaitu jurusan geografi. Mempelajari ilmu ini banyak dibilang orang membosankan tapi karena banyaknya permintaan terhadap ahli geografi maka jurusan ini menjadi satu yang diminati.
Nah itulah jurusan yang paling diminati yang saya baca dari kompas. Kalau menurut saya ikutilah kata hatimu dalam hal memilih jurusan karena dengan sesuai hatimu maka akan mudah dalam menjalani kuliah nantinya, seperti saya ini enjoy banget karena dari dulu saya suka ilmu komputer. Semoga bermanfaat.

Sumber: Kompas


EmoticonEmoticon