Monday, May 27, 2013

Saya Sudah Merasakan Serunya Nge-blog

Assalamualaikum wr wb

cara ngeblog yang benar

Hay sobat, selamat pagi. Eh, ternyata sudah pagi, wah tugas masih numpuk, tetap semangat. Ayo ikut aku biar tambah semangat. Pagi ini saya ingin curhat dan berbagi pengalaman saja tentang kehidupan blogging saya dari dulu sampai sekarang. Pada awalnya saya sangat awam dengan yang namanya internet, mulai kenal internet saja sejak kelas 3 SMP.

Menginjak kelas 1 SMA saya  mulai diperkenalkan dengan blog. Pada saat itu saya sedang mengerjakan tugas TIK untuk membuat blog dan mengisinya dengan postingan tentang pendidikan oleh guru saya. Dengan nama domain el-abad.blogspot.com inilah saya mulai mengenal blog. Akan tetapi blog ini sempat terbengkalai hingga pertengahan kelas 2 SMA karena sibuk dengan kegiatan sekolah dan ekstrakurikuler. Tidak adanya koneksi internet dan biaya juga menjadi kendala saya untuk terus belajar blogging. Nah, pada pertengahan kelas 3 SMA saya mulai mengembangkan blog ini lagi walau tidak terlalu signifikan. Dengan tema pendidikan yang memuat pelajaran yang saya pelajari di sekolah mungkin saja bermanfaat untuk teman-temanku.

Dulu juga sudah mengenal promosi blog, yaitu lewat mading karena saya petugas mading sekolah dan kemudian saya membuat artikel di mading dengan rujukan alamat blog saya. Akan tetapi itu belum cukup memuaskan karena pengunjungnya masih sedikit, belum mengerti teknik seo, template blog, bahasa HTML, apalagi untuk menghasilkan uang dari blog.

Mulai akhir kelas 3 SMA saya sudah agak paham tentang dunia blogging. Yah, semua terjawab dengan seiring berjalannya waktu, walaupun begitu blog ini masih belum terlalu bagus. Saat ini saya semakin dimudahkan dengan fasilitas dan alat pendukung untuk terus mengembangkan blog ini dan juga bisa menghasilkan uang sendiri dari blog ini. Tanpa dukungan dari sobat semua blog ini tidak ada apa-apanya, maka dari itu saya sebagai admin selalu berterima kasih kepada para pengunjung semua yang senantiasa mendukung kelangsungan blog ini. Kesulitan yang kerap saya hadapi yaitu ingin nulis konten dengan tema apa? Judul yang seperti apa yang bisa menarik hati pengunjung untuk membacanya? Mulai dari situ saya mulai belajar cara menulis yang baik dan tetap menghormati pengunjung dan sumber artikel jika artikel itu pernah dimuat. Ya seperti itulah blogging, belajar, belajar, dan belajar.

Dulu blog ini sangat sederhana, tanpa navigasi, dan sedikit sekali widget. Dulu masih jamannya pakai template bawaan blogger dan belum bisa mengutak-atik template, ya harus puas dengan tampilan standar, hahaha. Jika sobat punya usul untuk tampilan blog ini nyaman atau kurang, boleh disampaikan langsung di komentar atau contact us blog ini.

Nah sobat, itulah sedikit cuplikan perjalan blogging saya yang menjadikan betapa serunya ngeblog itu. Blog itu banyak manfaatnya loh, semisal melatih kemampuan menulis kita, melatih kemampuan mengetik, mengerti tentang bahasa HTML, mendapat kawan blogger banyak, bisa share hal hal yang bermanfaat, bisa mandiri karena blog nantinya dapat digunakan untuk menghasilkan uang sendiri melalui program-program di internet, dan masih banyak lagi.

Oke sepertinya kita sudah dipenghujung waktu, saatnya saya admin pamit. Sekian curcol saya, hahaha semoga terhibur dan bisa mengambil hidayah dari perjalanan blogging saya. Oke sob, semoga bermanfaat, tetap semangat, dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb

2 Komentar


EmoticonEmoticon