Monday, May 13, 2013

Tips Sehat Menggunakan Internet sebagai Media Pembelajaran

Assalamualaikum wr wb
Tips Sehat Menggunakan Internet sebagai Media Pembelajaran


Alhamdulillah senang bisa senantiasa menemani sobat dalam kesempatan kali ini. Saya akan menjelaskan fenomena mengenai internet, bagaimana tips sehat menggunakan internet sebagai media pembelajaran, manfaat internet dalam hal edukasi, dan faktor penunjang lainnya yang dengan sinergitas mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan 'kenalan' lebih dekat dengan internet. Menurut kalian internet itu apa sih?

Internet sekarang menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat modern dunia termasuk di Indonesia. Internet mempermudah kita untuk saling berhubungan, menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat, tempat untuk curahan hati, alat refreshing yang cukup populer, dan tempat mediasi untuk berbisnis yang sangat luar biasa. Internet mempunyai banyak kelebihan untuk bidang pendidikan.

Dalam hal edukasi, internet memiliki peran penting sebagai media pembelajaran. Terutama untuk mencari informasi materi, menyampaikan informasi edukasi kepada pelajar secara massal, sistem informasi akademik, dan lain-lain. Dibalik semua itu, menggunakan internet juga memerlukan perlakuan khusus. Pasalnya, pasti ada kekurangan internet dalam hal media edukasi. Nah, untuk mengantisipasi terjadinya kekeliruan dalam menggunakan internet, misal seperti sumber informasi yang disediakan kurang relevan dan akurat, banyak terjadi ketidakjelasan metode-metode pembelajaran di internet, konten-konten yang tersebar belum tentu cocok dengan masing-masing pelajar, terjadi penyimpangan metode pembelajaran yang dianggap keliru, dan masih banyak lagi, maka saya ingin berbagi tips bagaimana cara sehat menggunakan internet sebagai media pembelajaran yakni sebagai berikut.
  1. Internet sangat luas informasinya, jadi pintar-pintarlah memilih sumber informasi yang relevan dan akurat, hal ini untuk mencegah terjadinya kekeliruan metode pembelajaran.
  2. Gunakan internet sewajarnya saja, maksudnya jangan terlalu mengandalkan internet untuk menyelesaikan tugas kalian. Gunakan juga buku-buku relevan yang banyak tersedia di perpustakaan.
  3. Berikan feedback/masukan kepada pemberi informasi jika terjadi kekeliruan. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas internet sebagai media pembelajaran, penyebar informasi berkualitas, relevan, dan akurat.
  4. Jangan terpancing untuk menggunakan internet untuk hal-hal lain selagi kalian masih ingin menemukan informasi pembelajaran maupun materi, karena kalian akan bingung sendiri dalam menentukan mana informasi yang dibutuhkan dengan hal lainnya yang bisa-bisa membuat kalian malas lagi untuk mencarinya.
  5. Buat daftar sumber yang akurat, ini berguna untuk kalian jika nanti ingin mencari informasi materi pembelajaran yang kalian inginkan.
Banyak sekali sumber-sumber yang asal 'salin tempel', padahal belum tentu informasi yang diberikan itu akurat. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, satu sumber dan lainnya berbeda metode pada 1 bahasan materi, mungkin ada tapi hal ini tentu saja membingungkan. Nah, sekali lagi kita harap untuk kedepannya dengan perlakuan yang sewajarnya kita dapat menggunakan internet dengan sehat dan benar dalam hal belajar dan mencari informasi. Banyak sekali poin-poin netika atau beretika di internet yang mungkin 'seharusnya' kita patuhi, jadilah warga internet yang baik.

Okay, mungkin cukup sedikit tips sehat menggunakan internet sebagai media pembelajaran dariku. Mari majukan kesejahteraan pelajar dan pendidikan di Indonesia, tetap semangat dan salam sukses!

Wassalamu'alaikm wr wb


EmoticonEmoticon