Friday, August 23, 2013

Cara Simpel Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Assalamualaikum wr wb
Cara Simpel Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
 
Lupa! Wah, jangan sampai sob. Bisa-bisa berabe urusannya kalo kita gampang lupa. Terus gimana solusi untuk meningkatkan daya ingat sob? Memang susah banget jadi orang pelupa. Kadang kita butuh alat pengingat, missal reminder agar nggak lupa. Saya sendiri kadang lupa sob matiin laptop, matiin kipas, lupa janji ma temen, dan yang parah lupa hari sob, hehehe. Wah, gaswat tuuuhh. Lalu saya ngadu sama buku di perpustakaan kampus, eh ada artikel menarik sob tentang bagaimana cara simpel meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Nih, saya share untuk kalian dengan bahasa yang renyah, hehehe, siapa tahu bermanfaat.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips dan trik yang bisa kita gunakan untuk menyegarkan kembali diri kita sambil menjaga kemampuan daya ingat kita.

1. Lakukanlah relaksasi secara teratur.
Relaksasi efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingatmu dengan secara sadar mengurangi ketegangan otot-otot sebelum mempelajari hal baru.

2. Jaga kondisi fisik.
Makan makanan bergizi dan teratur serta melakukan olah raga rutin untuk menjaga stamina. Kondisi fisik yang prima akan lebih memudahkan kita dalam menerima input sehingga proses penyimpanan ke daya ingat menjadi lebih mudah.

3. Libatkan semua panca indra saat menerima informasi baru.
Semakin banyak panca indra kita libatkan untuk mengingat informasi baru semakin kuat ingatan kita merekam informasi tersebut. Meskipun ada gadget canggih di tanganmu latihlah panca indra Anda untuk mengingat lebih banyak hal.

4. Tidurlah yang cukup.
Saat kita terlelap terutama beberapa jam di awal tidur, otak kita akan menyibukan diri memproses segala informasi yang kita pelajari sebelumnya. Hal ini tentu akan menambah kemampuan daya ingat.

5. Hindari obat penenang.
Zat yang menimbulkan kantuk, penenang, dan berbagai zak kimia lain yang berpotensi menurunkan daya ingatmu. Segala zat yang membius otak termasuk alkohol, benzodiazepin (biasa untuk terapi ganguan kecemasan) dan obat penenang lain menghambat fungsi optimal daya ingat anda. Jika ingin santai, makanlah makanan berkarbohidrat tinggi yang merangsang produksi tritofan dan bertindak sebagai penenang alami.

Itu tadi sedikit tips bagaimana cara simpel meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Semoga tips tersebut bermanfaat, yak sob. Tunggu tips berikutnya sob, kalo gue lagi ada masalah, hehehe. :D 
 
Wassalamualaikum wr wb

4 Komentar

Wah bener juga ini mas, tidur yg kurang bisa mengganggu konsentrasi.. mksih mas info nya.

iya sama-sama, tapi sampe skarang saya juga susah buat nglakuin hal2 kayak diatas, hehehe

Kalau menurut saya paling enak kalau mau cepet ingat itu pagi pagi belajar pas lagi sepi2nya, atau di kamar mandi pas lagi bab sambil baca (khusus untuk closet duduk), itu cara saya

boleh juga dicoba tuh gus, saya juga sering yang di closet, hehehe, malah bisa muncul ide ide buat diajuin proposal :D


EmoticonEmoticon