Thursday, August 15, 2013

Mengenal Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Assalamualaikum wr wb

mengenal Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Ahlus Sunnah wal Jama'ah
Kelompok ini disebut Ahlus Sunnah wal Jama'ah karena pandapat mereka berpijak pada pendapat-pendapat para sahabat yang mereka terima dari Rasulullah. Kelompok ini disebut juga kelompok ahli hadits dan ahli fiqih karena merekalah pendukung-pendukung dari aliran ini.

Istilah Ahlus Sunnah wal Jama'ah mulai dikenal pada saat pemerintahan bani Abbasy dimana kelompok Mu'tazilah berkembang pesat, sehingga nama Ahlus Sunnah dirasa harus dipakai untuk setiap manusia yang berpegang pada Al-Quran dan Sunnah. Dan nama Mu'tazilah dipakai untuk siapa yang berpegang pada ilmu kalam (theologische dialektik), logika dan rasio.

Ibnu Hajar al-Haitamiy menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah orang-orang yang mengikuti rumusan yang digagas oleh Imam Asy'ariy dan Imam Maturidi.

Pendapat-pendapat mereka :
  1. Hukum Islam di dasarkan atas Al-Quran dan al-Hadits
  2. Mengakui Ijma' dan Qiyas sebagai salah satu sumber hukum Islam
  3. Menetapkan adanya sifat-sifat Allah
  4. Al-Quran adalah Qodim bukan hadits
  5. Orang Islam yang berdosa besar tidaklah kafir
Itulah sedikit pengetahuan saya bagaimana Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah sebagai Islam yang sesuai dengan apa yang telah diajarkan Rasulullah. Kita sebagai umatnya tentu senantiasa mengikuti apa yang telah diajarkan beliau, semoga dengan semangat baru setelah Idul Fitri telah kita lewati bisa menjadikan kita sebagai umat terbaik, amin.

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon