Monday, August 26, 2013

Tips Berhemat yang Baik dan Benar untuk Pelajar

Assalamu'alaikum wr wb
Tips Berhemat yang Baik dan Benar untuk Pelajar
Menabung adalah Salah Satu Cara Berhemat
Jika kalian sudah hidup sendiri dan sudah kerja atau sudah mandiri, pasti kalian ingin yang namanya berhemat agar pengeluaran lebih kecil dari pemasukan. Tentu berhemat ada caranya, namanya juga berhemat, pasti ada tips berhemat yang baik dan benar.

Tapi suatu tips kalau cuma dilihat dan didengar akan percuma tanpa ada tindakan nyata. Nanti ujung-ujungnya boros juga, hehehe. Jika kebanyakan pelajar yang sudah mandiri terutama mahasiswa banyak menghabiskan waktu untuk kuliah, kerja, kuliah, kerja, maka saatnya untuk berhemat.

Nah, berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk kalian bagaimana cara berhemat yang baik dan benar untuk pelajar.

1. Cari Tempat Tinggal yang Tepat
Disini merupakan langkah awal untuk berhemat, yakni mencari tempat tinggal yang tepat untuk kebutuhan kalian, baik itu kos atau kontrakan. Jika kalian memilih kos, kalian tidak perlu memikirkan biaya listrik, air, dan sebagainya karena yang perlu kalian pikirkan adalah biaya sewa. 
Di setiap daerah sistem penerapan biaya sewa kos berbeda-beda tergantung pengelolanya atau yang populer disebut ibu kos/bapak kos. Ada yang berbaik hati dengan perhitungan sederhana, ada juga yang sangat perhitungan. Carilah tempat yang nyaman, aman, pengelola yang baik, dan tentunya murah. Jika tidak menemukannya, ya setidaknya mendukung 'program berhemat' kalian.

Jika kalian memilih kontrakan beda lagi, karena yang punya kontrakan tidak memikirkan biaya selain biaya sewa. Kalian akan lebih giat belajar manajemen pengeluaran listrik dan air, merawat kebersihan rumah kontrakan, dan lain-lain. Keuntungannya, biasanya biaya sewa kontrakan lebih murah dari kos, tentunya dengan sistem patungan dengan teman kalian. Pilihlah mana yang paling cocok dan tepat untuk kalian.

2. Manajemen Biaya Pendidikan
Nah, ini yang paling esensial. Karena pendidikan merupakan hal penting bagi pelajar, mau tidak mau kalian harus rela berbagi jatah dengan hal yang satu ini. Mulai dari buku materi, biaya print dan fotocopy, boldpoint, koneksi internet, dan lain-lain. Pintar-pintarlah mana yang menjadi prioritas utama dan mana yang terakhir.

3. Biaya Konsumsi
Ini juga tidak kalah penting, terlebih-lebih untuk pelajar yang mandiri. Mencari tempat makan dan jadwal makan yang teratur bisa mendukung program berhemat kalian. Jangan terlalu bernafsu untuk makan makanan yang boros, yang penting enak, kenyang, murah, hehehe. Kalian bisa juga berpuasa, tapi niatnya jangan untuk ngirit, percuma dong lapar tapi nggak dapet pahala, niatkan tetap Lillahi Ta'ala. Jika ada acara/kondangan yang bersifat 'free' (wkwkwk), langsung meluncur ke TKP aja, lumayan untuk berhemat.

4. Kerja Sampingan yang Efektif dan Fleksibel
Selain pengeluaran, tentunya harus juga diimbangi dengan pemasukan dong. Carilah kerja sampingan yang fleksibel dengan jadwalmu dan efektif. Misal jualan di kampus dititipkan ke bagian Ekobis HMJ, jualan jersey/baju, berbisnis online yang pasti menghasilkan, menawarkan jasa (ojek kampus, les, atau service), dan lain-lain, pokoknya yang kalian bisa lakukan dan nyaman. Nah jika udah dapet kerja, jangan lupa beramal yak! Next.

5. Menabung untuk Masa Depan
Kalau ini nggak usah diberi tahu yak, hehehe. Sekalian buat pelengkap, karena kalau genap udah terlalu mainstream, jadi admin ganjilkan jadi 5, hehehe. Menabung merupakan langkah awal untuk meniti masa depan kalian, memang kelihatan kecil dan sepele, tapi tanpa sepengetahuan kalian, suatu saat hal ini pasti berguna.

Yah udah di penghujung artikel, hehehe. Sekian tips berhemat yang baik dan benar untuk pelajar, mohon maaf jika saya sok tahu atau emang tahu, hehehe. Jika ada tambahan mungkin bisa dibagi lewat komentar. Oke, selamat berhemat ria dan raih keinginanmu sebesar dan sesulit apapun itu. Akhirul kalam.

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon