Saturday, September 7, 2013

Tips Memilih Sistem Operasi yang Cocok untuk Netbook

Assalamualaikum wr wb
Tips Memilih Sistem Operasi yang Cocok untuk Netbook
Netbook sebagai Pilihan Praktis daripada Laptop

Tips memilih system operasi yang cocok untuk netbook
Sering kali kita disibukkan dengan komputer jinjing kita untuk mengerjakan tugas. Dengan kemudahan membawanya, mungkin netbook menjadi pilihan untuk partner kerja ataupun mengerjakan tugas. Tanpa disadari juga pemilihan sistem operasi untuk netbook juga berpengaruh pada pekerjaan kita. Sistem operasi merupakan nyawa untuk hardware netbook kita. Dengan adanya sistem operasi, kita bisa menginstal dan menjalankan hardware, menginstal berbagai aplikasi dan program untuk mendukung pekerjaan kita, mengakses file, dan sebagainya.

Untuk netbook, kita memiliki pilihan OS yang bisa digunakan mulai dari keluarga Windows (XP, 7, sampai 8) dan Linux Ubuntu Netbook Edition. Saya akan menjelaskan sedikit agar sobat bisa memahaminya.

Windows XP
Tips Memilih Sistem Operasi yang Cocok untuk Netbook

OS windows memang terkenal kemudahan dan kompatibelnya dengan berbagai aplikasi dan program. Terutama Windows XP yang sangat populer dieranya. OS Windows XP memang cocok digunakan di netbook karena OS ini hemat memori. Windows xp tidak akan membebani kerja prosesor maupun memori. Keunggulan lain OS ini adalah user friendly. Windows xp terdiri dari beberapa jenis, ada windows xp home edition dan windows xp professional. Tapi yang paling banyak digunakan di netbook adalah Windows XP home edition. Meski agak ketinggalan zaman, tapi jika hanya untuk keperluan penunjang pekerjaan sobat mungkin OS ini cocok menjadi pilihan.

Windows 7 
Tips Memilih Sistem Operasi yang Cocok untuk Netbook
OS satu ini sekarang sudah sangat familiar dibanding sistem operasi lainnya. Tak hanya dukungannya yang banyak terhadap berbagai software, tapi juga karena friendly user. Selain itu banyak sekali program software yang kompatibel/cocok untuk dipasang di OS ini. Untuk sekedar mendampingi netbook kamu, Windows 7 sangat nyaman dan mudah digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti mengakses internet, pengolahan data dan file, multimedia, hingga game yang ringan. Untuk kinerja, windows 7 lebih cepat dari windows SP, tapi penggunaan resource memory lebih banyak, nampaknya sistem operasi ini bagus digunakan untuk netbook dengan RAM minimal 1GB. Kelebihan lain Windows 7 juga nggak ketinggalan jaman karena masih banyak pemakainya.

Windows 8 
Tips Memilih Sistem Operasi yang Cocok untuk Netbook
Varian terbaru dari keluarga Windows ini juga saya rekomendasikan karena dari segi harga yang lebih murah dari Windows 7 (apalagi jika upgrade dari Windows 7), juga penggunaan RAM yang lebih hemat dari pendahulunya itu. Kelebihan lain sama seperti saudaranya Windows 7 yakni kompatibilitasnya sudah sangat banyak untuk dipasang berbagai program software penunjang aktivitasmu. Selain itu, Windows 8 mempunyai tampilan yang cantik, smooth, dan flood sehingga pengguna tidak akan cepat bosan untuk berinteraksi dengan netbooknya, adapun aplikasi dari store sangat keren dan menarik. Kekurangannya adalah Windows 8 hanya cocok untuk netbook yang resolusi layarnya 1366x768 pixel (biasanya untuk netbook dengan layar 12”) dan RAM minimal 2GB agar pengguna mendapat pengalaman yang bagus saat menggunakan Windows 8. Untuk urusan jaman, tentunya sekarang jamannya Windows 8.

Linux Ubuntu Netbook Edition 

Tips Memilih Sistem Operasi yang Cocok untuk Netbook


Banyak kelebihan yang dimiliki OS berbasis Linux yaitu penggunaan RAM yang kecil (karena bisa swap dari memori Harddisk), jarang terkena virus, dan kustomisasi tampilan yang lebih leluasa. Untuk urusan kinerja, linux dapat dikatakan lebih cepat dari windows, namun kekurangannya adalah linux kurang friendly user. Jadi linux cocok untuk pengguna netbook yang sudah advanced. Kelebihan lain yaitu Linux Ubuntu berlisensi gratis tanpa harus membayar.


Keluarga windows lainnya yakni windows vista tidak saya rekomendasikan karena dukungan untuk varian windows satu ini kurang begitu banyak, mungkin karena penjualannya lebih kecil daripada windows lainnya.


Oke sobat, itulah tips memilih sistem operasi yang cocok untuk netbook dari saya. Tips ini saya buat sebagai jawaban dari teman saya yang pernah meminta rekomendasi sistem operasi untuk netbooknya. Sekian sobat tips kali ini, semoga tugasmu cepet kelar dan tetap semangat, hehehe.

Wassalamualaikum wr wb

3 Komentar

Wah.. NIce POst
Jangan Lupa Kunjungi Blog http://serviskomputermurahsurabaya.blogspot.com/

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://sewaproyektordisurabaya.blogspot.co.id/

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://sewaproyektordisurabaya.blogspot.co.id/


EmoticonEmoticon