Wednesday, October 9, 2013

Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Aktif di Kampus

Assalamualaikum wr wb

Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Aktif di Kampus

Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Aktif di Kampus - Selama kuliah, tentu kalian menemukan berbagai macam organisasi, klub, lembaga, dan lain-lain. Hal tersebut disediakan oleh kampus agar para civitas akademika dapat berinteraksi dengan teman dan lingkungan kampus. Merupakan suatu keberuntungan jika kita menjadi mahasiswa aktif di kampus yakni menjadi organisatoris atau aktivis. Ya sebagai pengingat jika kita mempunyai masa-masa seru selama ngampus.

Kehidupan kuliah tidak seperti kehidupan lain dalam hidup ini sob. Di dunia perkuliahan, kita dikelilingi orang seumuran dan mempunyai motivasi untuk menjadi profesional dalam bidang yang mereka tekuni. Masa kuliah adalah masa sekali seumur hidup, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil tergantung pintar-pintar kita dalam menjalaninya.

Berteman
Manusia memang makhluk sosial, dimanapun mereka bertemu dan ada kesempatan berkenalan, mereka pasti berteman. Termasuk mahasiswa, dengan berbagai cara mereka mendapatkan teman, baik di dalam atau di luar kampus. Ada banyak caranya, misal ikut UKM dan klub untuk mereka yang mempunyai hobi sama sehingga dapat bertukar pikiran dan mendapat banyak pengalaman. Ikatan yang kita bangun selama kuliah akan bertahan lama. So, penting banget kita punya banyak teman dan menjadi mahasiswa yang ramah dibanding hanya mendekam di kamar kos atau cuma kenal dengan orang terdekat saja.

Membangun Karier
Alasan yang satu ini adalah kesukaan saya, selama kuliah tentu kita harus mandiri. Dengan membangun karier, banyak sekali organisasi di kampus yang memberikan pengetahuan tentang bagaimana karier itu dibangun mulai dari bawah. Selain oraganisasi juga banyak seminar nasional, acara pelatihan, dan diskusi umum. Kita akan dibawa menuju dunia bisnis, bagaimana mencari pekerjaan yang sesuai kemampuan kita, bahkan selain mencari pekerjaan, kita bisa menjadi entrepreneur atau bahasa kerennya businessman.

Sekarangpun digalakkan mahasiswa untuk ikut andil dalam membangun ekonomi Indonesia termasuk menjadi wirausahawan sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru yang berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.

Kepemimpinan
Kemampuan memimpin bisa didapatkan dengan cara berlatih, tak jarang juga beberapa orang dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Untuk mereka yang suka memimpun, maka tentunya aktif dalam kelompok yang berisi pemimpin lainnya seperti professional muda atau kelompok entrepreneur menjadi salah satu kegiatan yang mereka perlukan. Dengan begini, kita akan dikelilingi dengan para calon pemimpin dan ‘memaksa’ kita untuk menjadi pribadi yang berbeda dalam mencapai tujuan.

Adapun juga mahasiswa yang analitis yang biasanya butuh bantuan untuk dapat majua dan memimpin dalam kelompok sehingga anggota lain dalam kelompok tersebut harus mendukung ia dalam mencapai tujuannya. Bergabung dengan kelompok debat dan mengasah kemampuan berbicara untuk menjadikan suara kita didengar orang lain adalah salah satu cara untuk tipe mahasiswa analitis seperti ini.

Network
Network adalah hal yang sangat penting untuk masa depan kita nanti dalam mengarungi kehidupan. Dengan adanya network yang kuat dan luas, kesempatan kita dalam mengembangkan kemampuan, mendapat pekerjaan yang kita inginkan, dan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh jaringan kita menjadi mudah untuk kita jalani. Ikatan yang kita bangun selama di kampus dapat bertahan hingga seumur hidup dan mungkin saja berdampak pada karier professional kita nantinya.

Kita enggak pernah tahu bagaimana hari esok yang akan kita lalui. Membangun network yang besar, kuat, dan luas berisi orang-orang yang mempunyai visi misi kuat dan termotivasi akan memberikan kita kesempatan lebih untuk sukses dalam hidup.

Nah, beranjak dari beberapa alasan mengapa mahasiswa harus aktif di kampus, kita perlu menyadari seperti mahasiswa bertipe apa kita itu. Lalu kita mulai belajar untuk menjadi aktivis di kampus, nggak perlu langsung yang ‘wah’, kita bisa memulainya dari yang lebih kecil dahulu. Yang penting, kuliah jangan menerapakan prinsip mahasiswa “kupu-kupu”, yaitu mahasiwa yang kerjaannya kuliah pulang kuliah pulang. Mumpung kita kuliah masih lama, terus gali kesempatan dan manfaat di dalamnya. Sekian dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang emang suka membaca karena bahasa yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan ejaan seenaknya sendiri, hehehe. Akhirul kalam.

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon