Thursday, November 21, 2013

Cara dan Tips Mempercepat Proses Download File, Video, dan Software

Assalamualaikum wr wb


Cara dan Tips Mempercepat Proses Download
Alhamdulillah saya bisa update blog ini karena memang sedang nganggur dikit dan ingin berbagi tips mempercepat proses download file yang bisa berupa video, dokumen, atau software untuk sobat semua. Mungkin di web sudah berhamburan berbagai tips dan trik untuk mempercepat proses download suatu file dibanding menggunakan downloader bawaan browser, tapi bagi yang belum pernah menjajal tips atau cara yang satu ini silahkan disimak baik-baik.

Cara Mempercepat Cara Mempercepat Proses Download File, Video, dan Software

1. Gunakan Bantuan Software Downloader
Cara dan Tips Mempercepat Proses Download
Software Downloader biasanya dipasang untuk mempercepat proses download, caranya dengan memecah file yang didownload menjadi beberapa segmen untuk meringankan proses download yang kemudian otomatis digabung kembali. Ada banyak software yang tersedia di internet untuk software downloader contohnya untuk yang gratis adalah Orbit Downloader, Speed Downloader Manager, Free Download Manager, J Downloader, Flash Get, dan lain lain, jika ingin mendownload video bisa menggunakan Youtube Downloader. Ada satu software yang populer dan powerful untuk kategori ini yakni Internet Download Manager, tapi kalian harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan lisensinya. Sebagai downloader yang baik selama ada yang gratis kenapa harus membayar, hidup gratis, hehehe.

2. Cari Server Terbaik dari File yang Didownload
Cara dan Tips Mempercepat Proses Download
Salah satu cara untuk mempercepat proses download adalah dengan memilih server mana yang menyimpan file sama tapi mempunyai kualitas bandwith dan koneksi yang bagus. Memang proses download dipengaruhi dengan kecepatan koneksi internetmu, tapi server juga menentukan cepat tidaknya proses download. 
Misal kamu mempunyai ISP lokal (Indonesia) dan ingin mendownload software, ada  beberapa server penyimpanan yang menyediakan software tersebut dari luar negeri misal ada 4shared, mediafire, dropbox, dan Google Drive, serta dari Indonesia ada Indowebster. Tentu jika kamu mendownload melalui Indowebster lebih cepat daripada lainnya karena koneksi tidak butuh melalui gateaway untuk menyambung ke server luar negeri.
Saya kasih bocoran yang sudah menjajal beberapa server untuk lokal memang Indowebster jagonya, untuk luar negeri bisa mencoba Ge.tt, sharebeast, dan Google Drive. Tinggal melihat darimana ISP koneksi internetmu. Oh ya satu lagi, kalau ingin cepat bisa menggunakan server offical dari web file yang kamu download, misal langsung dari Microsoft.

3. Lakukan Proses Download pada Waktu selain Jam Sibuk
Mungkin semua orang juga tahu ya kalau download bakal lemot jika dilakukan saat koneksi super sibuk, hehehe. Ya sekedar mengingatkan saja lah sob, kalau aku ya waktu pagi hari kan masih lengang bandwith ISPnya, hehehe.

4. Gunakan Proxy dan IP yang Cepat
Cara lama tapi ampuh ini juga patut dicoba, pasalnya memang memengaruhi kecepatan download juga. Untuk cara rincinya bisa mencari tips dan triknya di internet, pasti udah banyak.

Oke sekian cara dan tips mempercepat proses download yang saya pikirkan secara spontan karena memang lagi nganggur. Moga bermanfaat ya manteman, kalo emang tips ini menarik tolong dibagikan ke yang lain biar tahu sama tahu, wkwkwk. Semoga bermanfaat, tetap semangat, dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon