Sunday, November 17, 2013

Cara Menulis Paragraf yang Baik dan Benar

Assalamualaikum wr wb

Aturan menulis paragraf yang benar


Cara Menulis Paragraf yang Baik dan Benar

Hay sobat, kali ini admin ingin menyampaikan materi Bahasa Indonesia tentang cara menulis paragraf yang baik dan benar. Jangan ketinggalan juga materi sebelumnya:
Oke, sebelum kita mengetahui gimana sih aturan menulis paragraf yang baik dan benar itu, kita bahasa dulu tentang pengertian paragraf. Check this out!

Sebuah paragraf (dari bahasa Yunani paragraphos = menulis di samping/tertulis di samping) adalah satu jenis tulisan yang memiliki suatu tujuan atau ide. Awal paragraf ditandai dengan masuknya ke baris baru lebih kedalam atau biasa disebut alinea. Terkadang baris pertama dimasukkan dan kadang-kadang dimasukkan tanpa memulai baris baru. Dalam beberapa hal awal paragraf telah ditandai oleh pilcrow ( ¶ ).

Ciri-ciri paragraf yaitu:
  1. Terdiri dari pikiran, gagasan, atau ide pokok yang dibantu dengan kalimat pendukung beserta kalimat penjelas.
  2. Paragraf non-fiksi biasanya dimulai dengan hal yang umum lalu dijelaskan dan mengarah menuju hal yang lebih spesifik sehingga memunculkan sudut pandang.
  3. Umumnya terdiri dari 3 hingga 7 kalimat yang semuanya tergabung dalam pernyataan berparagraf tunggal.
Teknik menulis paragraf berdasarkan beberapa aturan:

1. Memasukkan baris pertama.
Praktik di Amerika secara umum adalah menandakan paragraf baru dengan memasukkan baris pertama (tiga hingga lima spasi), dengan baris kosong antara paragraf, sementara penulisan bisnis menggunakan baris kosong dan tanpa masukan (hal ini biasanya dikenal sebagai "paragraf blok"). Untuk karya tulis masukan dan tanpa baris kosong digunakan. Banyak terbitan buku menggunakan alat untuk memisahkan paragraf lebih jauh ketika ada perubahan adegan atau waktu

2. Menggantungkan baris pertama.
Sebuah "paragraf gantung" adalah paragraf dimana baris pertama paragraf tidak dimasukkan dan dimana baris selanjutnya dimasukkan.

Kerangka paragraf:

  • Dimulai dengan kalimat topik yang menyatakan gagasan utama paragraf.
  • Memberikan detail pendukung untuk mendukung gagasan utama.
  • Ditutup dengan kalimat penutup yang menyatakan kembali ke gagasan utama.
Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang teknik menulis paragraf yang baik dan benar. Memang poinnya cuma sedikit tapi sangat penting untuk diperhatikan supaya mendapat hasil tulisan paragraf yang terbaik. Oke, semoga bermanfaat materi tersebut, tetap semangat, dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb


2 Komentar

saya suka tutorial seperti ini yang menjelaskan tentang paragraf yang sangat berguna buat pembaca


EmoticonEmoticon