Saturday, January 4, 2014

5 Browser Terbaik untuk Laptopmu

5 Browser Terbaik untuk Laptopmu
5 Browser Terbaik untuk Laptopmu

Assalamualaikum wr wb
5 Browser Terbaik untuk Laptopmu - Browser apa yang kamu gunakan saat ini? Apakah kamu sedang mencari browser yang tepat untuk laptopmu? Kali ini saya berbagi pengalaman menggunakan bermacam-macam browser yang saya rangkum dalam 5 browser terbaik untuk laptopmu

Banyak faktor seseorang memasang berbagai browser dalam satu laptop, misal kemudahan akses, resource memori, kecepatan akses, validasi HTML terbaru, fitur yang lebih canggih, integrasi dengan layanan online yang lebih baik, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan berbagai browser, saya akan share pengalaman di sini suka dukanya memakai browser. Berikut daftar 5 browser terbaik untuk laptopmu.

1. Google Chrome
5 Browser Terbaik untuk Laptopmu
Google Chrome

Pilihan pertama saya jatuh pada Google Chrome. Browser yang dikembangkan oleh Google Inc. ini sudah memikat hati saya sejak hampir semua fitur Google diintegrasikan dengan baik dengan Chrome. Mulai dari Google Account, Youtube, Plus, Blogger, Adsense, Play, Google Drive, Google Docs, Google Translate, hingga Google Maps. Chrome juga mempunyai task manager sendiri layaknya OS Windows, hal ini tentu sangat membantu mematikan ekstensi Chrome yang terlalu membebani kinerja RAM. Dukungan HTML5 yang baik, banyaknya aplikasi, tema, dan ekstensi di Chrome Store, sticky tab, keamanan dari malware ataupun adware, hingga update otomatis untuk dukungan penuh mesin pencari Google membuat Chrome menjadi pilihan pertama saya. Meskipun mempunyai banyak kelebihan, Chrome juga terkadang susah untuk koneksi lambat, not responding jika membuka tab banyak sekaligus, dan jika RAM sobat kecil maka fitur smooth scrolling dinonaktifkan. Untuk mengunduhnya, klik disini.

2. Mozilla Firefox
5 Browser Terbaik untuk Laptopmu
Mozilla Firefox

Dulu sewaktu Chrome belum muncul, Firefox lah yang selalu menemaniku saat mencari tugas atau sekedar browsing. Kustomisasi yang mudah, plug in yang banyak, dukungan tab yang baik, fitur sticky tab, hingga pengaturan bookmark yang rapi menempatkan Mozilla Firefox di nomor 2. Akan tetapi saya menemukan beberapa kekurangannya yakni menghabiskan resource memori yang cukup besar (tergantung jumlah tab), terkadang not responding, hingga mengalami crashed. Tapi overall Mozilla Firefox sangat bagus untuk menampilkan semua jenis halaman web. Untuk mengunduhnya klik disini.

3. Safari
5 Browser Terbaik untuk Laptopmu
Apple Safari

Browser garapan Apple ini memang mempunyai tampilan sisi prestisi. Selain itu kecepatan loadingnya juga tak kalah dengan 2 browser tadi, pengalaman lebih menggunakan Safari dapat kamu nikmati di gadget Apple langsung, tentunya berbeda jika Safari digunakan di OS lain. Sebenarnya banyak sekali keunggulan Safari mulai dari kecepatan muat web yang bagus (terutama memuat script dan css, tapi sepertinya tidak mendukung konten flash), hemat daya, hemat resource memori (paling kecil di antara yang lain), mendukung banyak tab, dan masih banyak lagi. Namun, kurang populernya browser ini, integrasi dengan layanan populer termasuk Google masih terbatas, tidak mendukung konten flash, menjadikannya di urutan ke-3. Meskipun begitu saat saya menggunakan Safari cukup nyaman walau kurang srek di hati, hehehe. Untuk mengunduhnya klik disini.

4. Opera
5 Browser Terbaik untuk Laptopmu
Opera Browser

Opera adalah salah satu browser terbaik yang pernah saya coba karena dapat dikustomisasi secara mudah, mulai dari tampilan, pengaturan bookmark yang rapi, dan resource memori yang cukup hemat. Kendala saat saya menjajal browser ini adalah kecepatannya yang naik turun, kadang tidak support dalam tampilan halaman web tertentu, dan keamanan yang kurang menjadikan browser ini peringkat 4. Untuk mengunduhnya klik disini.

5. Internet Explorer
5 Browser Terbaik untuk Laptopmu
Internet Explorer

IE menempati pilihan saya yang terakhir karena memang dari dulu tampilannya biasa-biasa saja (kecuali versi Windows 8 Apps), tapi untuk kecepatan muat web lumayan, ditambah fitur smooth scrolling juga enak dipakai, penggunaan RAM hemat, dan dukungan update dari Microsoft cukup bagus. Sayang terkadang saya membuka laman web kurang maksimal jika menggunakan IE, sedikitnya ekstensi dan kustomisasi menempatkan browser ini di urutan ke lima. Untuk mengunduhnya tidak perlu, karena sudah built in di OS Windows kalian dan eksklusif hanya untuk OS Windows. Tapi seiring pengembangannya, IE cukup stabil dan bagus.

Nah itulah 5 browser terbaik untuk laptopmu. Setahuku masih banyak lagi browser lainnya, misal Sea Monkey, Avant, RockMelt, dan masih banyak lagi. Tapi buat apa browser banyak-banyak, hehehe, cukup beberapa saja yang memang sobat lebih nyaman menggunakannya. Cukup sekian dariku, kalau artikel ini jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian dengan tombol share di bawah (terutama Google Plus ya kawan). Oke, tetap semangat dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon