Saturday, January 18, 2014

Menggunakan Google Voice Search, Fitur Unik Google

Menggunakan Google Voice Search, Fitur Unik Google
Google Voice Search (Gambar: Google Image)

Assalamualaikum wr wb
Sudah tahukah kamu jika Google ada fitur unik yakni voice search? Ya, fitur unik ini sejatinya sudah ada di OS Android besutan Google. Seberapa unik kah fitur ini sob? Artikel saya ini akan menjelaskan sedikit cara bagaimana menggunakan Google Voice Search, fitur terbaru Google.

Sedikit cerita, saya menemukan fitur ini di browser saat mencari informasi tentang article writer online yang sedang digemari sebagian besar netter untuk menambah penghasilan. Sewaktu saya mencari beberapa kategori artikel, ada sebuah link untuk menelusuri kategori yang tepat untuk saya pilih. Nah, link tersebut mengarahkan saya ke mesin telusur Google United Kingdom (Inggris Raya) dengan hasil kata kunci yang saya cari tadi. Tapi anehnya saya menemukan tombol mikrofon layaknya Google Search di smartphone Android teman saya. Lalu saya iseng-iseng mencoba fitur yang diketahui sebagai Google Voice Search tersebut. Ternyata sangat unik dan membantu mempermudah pencarian. Tapi fitur ini sepertinya baru mendukung bahasa Inggris, soalnya waktu saya membuka Google Indonesia, di sana tidak terdapat ikon mikrofon.

Nah, bagi yang ingin sekedar menjajal fitur ini simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Silahkan bukan http://google.co.uk.
  2. Lalu klik ketersediaan bahasa UK (Bahasa Inggris). Kemudian klik ikon mikrofon, maka akan menampilkan hasil sebagai berikut.
    Mengeklik Tombol Mikrofon
  3. Lanjut ke langkah berikutnya, izinkan Google UK menggunakan mikrofon dengan mengeklik "Allow" seperti pada gambar berikut.
    Mengizinkan Penggunaan Mikrofon
  4. Lalu akan muncul tampilan dimana kamu hanya langsung mengucapkan apa yang kamu ingin cari, tentunya dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, saya ingin mencari "Facebook", maka ketika status terdapat kata Speak Now (ucapkan yang kamu cari), Listening (Google sedang memindai masukan suara), terakhir teradapat kata/kalimat yang sudah diucapkan, dalam contoh ini saya menggunakan kata "Facebook". Ikuti langkah ini seperti gambar-gambar berikut. 
    Ucapkan Kata

    Google Memindai Suara

    Kata yang Dicari
  5. Maka hasil di pencarian Google seperti gambar berikut. 
    Hasil Pencarian Google Voice Search
Nah, bagaimana? Simple kan. Tentunya akan sangat memudahkan pengguna untuk mencari sesuatu menggunakan fitu ini. Memang fitur ini masih terbatas pada bahasa Inggris, tapi diharapkan nantinya Google Voice Search mendukung berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Sip, cukup sekian dari saya cara menggunakan Google Voice Search, fitur unik dari Google. Share dan beri plus jika artikel ini bermanfaat sebagai penambah wawasan dan ilmu pengetahuanmu. Semoga bermanfaat, tetap semangat dan salam sukses.

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon