Thursday, February 26, 2015

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional
Assalamualaikum wr wb
Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional - Hay sobat, lama nggak update. Yah maklum lagi UAS tapi saya sempetin buat update blog supaya nggak jenuh kalau belajar terus, hehehe. Oh ya gimana liburan kalian? Pastinya enak dong, nggak kayak admin yang masih bergelut dengan ujian.

Ngomong-ngomong ujian, sebentar lagi SMA tahun ke-3 bakal menghadapi Ujian Nasional nih, widih jangan takut ya, apalagi sungkan, dibabat aja semua soalnya, hehehe. Sedikit cerita ya, dulu waktu saya ujian terasa menegangkan (melebihi nembak cewek) karena pengawasnya yang tampangnya galak. Tapi dengan beberapa tips dari guru BK dan temen-temenku akhirnya saya bisa mengendalikan emosi, memusatkan perhatian pada soal-soal dan fokus untuk mengakhiri UN dengan hasil yang manis.

Banyak sekali di antara teman-teman kita yang takut akan datangnya UN, seakan-akan di negeri ini UN menjadi bayang-banyang gelap murid yang belum siap menghadapinya. Bagi saya UN itu memang perlu, tapi melihat kondisi kecerdasan tiap siswa berbeda, saya menyayangkan bagi mereka yang menyamakan standard pelaksanaan UN, karena bakal membebani bagi mereka yang 'kurang' siap. Seharusnya ujian seperti ini baiknya tidak menjadi tolok ukur kelulusan siswa, banyak faktor lain yang juga harus mendukung kelulusan siswa. Misal dari ulangan harian, tugas harian, praktikum, sikap, akhlak, dan lain-lain.

Benar kata guru saya sewaktu masih di Madrasah Aliyah, menemukan orang pintar dan cerdas di Indonesia itu sangat mudah karena banyaknya, tapi mencari orang yang cerdas dan baik akhlaknya tidak semudah yang dibayangkan.

Beranjak dari cerita pendek tadi, kali ini saya ingin membagikan tips jitu menghadapi Ujian Nasional yang saya dapat dari guru BK, teman-teman, dan beberapa blog sahabat saya yang baru saya stalking beberapa hari yang lalu. Yosh, berikut ringkasannya.
  1. Persiapan matang sejak dini. Menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelangsungan pertempuran kalian nanti menghadapi UN sangatlah krusial. Saya pernah mengalami masa-masa ini dimana memang berat untuk dilakukan. Biasanya karena di saat yang lain sedang bersenang-senang, kamu sibuk serius belajar. Ketika tiba waktunya ujian, bawalah semua peralatan tulis yang kalian butuhkan. Pensil, pulpen, tip-ex, penghapus, penggaris, tatakan kertas, serutan pensil, dan lain-lain akan meningkatkan konsentrasi kamu waktu ujian nanti karena membuatmu tenang.
  2. Tetap pede dan tenang. Percaya diri mampu memberikan energi positif ke otakmu yang berimbas memudahkan kamu untuk berpikir sewaktu mengerjakan soal. Jangan hiraukan keadaan sekitar yang dapat membuat konsentrasimu buyar dan tetaplah menenangkan diri.
  3. Isilah lembar jawab dengan hati-hati dan seksama. Segalanya telah dipersiapkan dengan matang untuk menghadapi ujian, tapi gara-gara kecerobohan waktu mengerjakan maka itu akan sia-sia. Jadi kalian harus hati-hati dalam mengisikan jawaban kalian di LJK. Mulai dari membuat bulatan, menghapus koreksi yang harus benar-benar bersih, dan usahakan agar LJK tetap rapi.
  4. Gunakan sedikit waktumu untuk meneliti jawaban kalian. Setelah selesai menjawab semua soal, jika kamu percaya diri bahwa kamu sudah melakukannya dengan maksimal, bolehlah kamu memeriksa lagi jawaban kamu. Selain itu periksa juga soal-soal yang mungkin saja menjebak kalian atau kalian kurang memahaminya. Jika kalian sudah yakin akan jawaban kalian, tetap tenang dan periksa lagi jawaban kalian, usahakan yang terbaik dan jangan buang waktumu untuk melakukan hal yang sia-sia.
  5. Berdoa adalah senjata utama. Kalian mempunyai Tuhan yang senantiasa membantu kamu di saat sesulit apapun termasuk ketika ujian. Berdoalah agar pikiran kalian tenang dan jernih, mintalah kepadaNya.
Oke mungkin cukup sekian dari saya artikel tentang tips jitu menghadapi Ujian Nasional yang menurut kebanyakan siswa sangat mendebarkan, hehehe. Semoga ujian nanti diberikan kemudahan dan hasilnya lulus 100% aamiin. Tetap semangat dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb

1 Komentar so far

Info yang sangat bagus dan sangat membantu ,silahkan kunjungi blog kami untuk trik mendapatkan nilai UN terbaik http://bukudetikdetikun.blogspot.com/


EmoticonEmoticon