Sunday, January 26, 2014

Tips Memilih Jurusan yang Tepat Sasaran

Assalamualaikum wr wb
Met malem kawan, lama udah nggak update blog nih. Gara-gara masalah internal, blog jadi terbengkalai deh. Oke, melanjutkan update seputar tips edukasi yakni tips memilih jurusan yang tepat sasaran. Sekarang masih banyak siswa yang bingung untuk menentukan jurusan Perguruan Tinggi yang mereka minati nanti. Umumnya dikarenakan belum banyak yang berencana untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, minat pada bidang yang mereka kuasai sedikit, dan masalah internal siswa itu sendiri alias kepercaya dirian mereka.
Tips Memilih Jurusan yang Tepat Sasaran
Nah, pada artikel ini saya ingin berbagi tips memilih jurusan yang tepat sasaran. Bagaimanakah kisahnya? Sebelumnya saya ingin bercerita flashback tentang perjalanan saya dari Ujian Nasional hingga bisa masuk ke Universitas Diponegoro. Awalnya saya ngotot ingin kuliah di jurusan komputer (pokoknya yang mempelajari tentang teknologi) di ITS Surabaya. Sudah 3 kali gagal; pertama saat SNMPTN 2012 Jalur Undangan; kedua saat Beasiswa Santri Berprestasi; ketiga SNMPTN 2012 Jalur Tertulis pilihan pertama; dan pada akhirnya takdir mempertemukan saya di Universitas Diponegoro tepatnya di jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknik ini melalui SNMPTN 2012 Jalur Tertulis. Alhamdulillah saya ucapkan meskipun pilihan kedua saya masih bisa kuliah gratis tanpa membebani orang tua dan tentunya sesuai dengan minat yang saya dambakan. Beranjak dari situ, mari kita bahas tips memilih jurusan yang tepat sasaran. Simak pembahasannya berikut kawan.

Pertama, tentukan apa yang ingin kalian capai. Istilah gampangnya yaitu cita-citakan/tujuan hidup kalian. Menjadi profesor, ilmuwan, pustakawan, engineer, CEO perusahaan, ataukah yang lain itu merupakan pilihan kalian. Benar kata motivator, "hidup adalah pilihan". Nah, pilihlah yang benar-benar kalian inginkan.

Kedua, lihat-lihat jurusan dari PT mana saja yang menarik untuk kalian. Misal ingin kuliah jauh/dekat, PT favorit kalian, teman dari SMA, atau ingin mencari pengalaman baru. Semua tergantung pribadi masing-masing, tentunya sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Ketiga, kenali jurusan yang kalian pilih. Jangan sampai salah jurusan atau sering adanya salah sangka, misal sebuah jurusan dengan nama Teknik Informatika dengan passing grade yang lumayan tinggi dan jurusan Sistem Komputer dengan passing grade rata-rata. Nah, jangan dikira kedua jurusan tadi sama dalam hal peminatan, karena pada faktanya TI lebih mengarah ke software developing dan komunikasi terdapat di Faluktas Sains dan Matematika sedangkan jurusan Siskom mengarah pada software engineering, networking, multimedia, dan embedded programming terdapat di Fakultas Teknik. Memang di beberapa PTterdapat perbedaan seperti di atas. Nah, kalian wajib tahu detail jurusan yang kalian dambakan.

Keempat, targetkan nilai kalian. Poin ini sangat penting untuk kalian kejar karena di samping keinginan kalian juga harus mampu memenuhi syaratnya. Mulai dari passing grade jurusan itu, passing grade kalian, jumlah peminat jurusan itu untuk tahun lalu, kuota untuk tahun kalian, dan asumsi-asumsi lainnya.

Kelima, jangan memaksakan kehendak. Jangan seperti saya ya kawan yang maksa ngebet ingin masuk ke ITS tapi pada akhirnya tetap gagal dan mengalah dengan bersyukur di UNDIP ini, meski begitu peluang kalian untuk lolos SNMPTN/SBMPTN tetap ada. Memang, jika jurusan yang diidam-idamkan tidak berhasil tentunya kecewa, tapi akan lebih mengecewakan lagi jika kalian gagal memanfaatkan peluang masuk Perguruan Tinggi melalui SNMPTN/SBMPTN.
Jika gagal, coba lagi dengan cara yang lebih pintar.
Nah, sekiranya cukup itu saja tips memilih jurusan yang tepat sasaran. Saya percaya pada kemampuan kalian untuk memilih jurusan yang kalian idamkan. Pilih, perjuangkan, nikmati. Semoga kalian diterima di jurusan tersebut dan semoga tips ini bermanfaat. Tetap semangat dan salam sukses.
Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon