Monday, February 24, 2014

Nokia X dan Nokia X+, Android Pertama Persembahan Nokia

Assalamualaikum wr wb

Nokia X dan Nokia X+, Android Pertama Persembahan Nokia

Masih dalam kategori Windows Phone yang selalu berkaitan dengan Nokia, kali ini saya ingin menyampaikan berita yang mungkin sering kalian lihat di internet yakni tentang Nokia Android. Baru saja handset Nokia tersebut diumumkan pada acara Mobile World Congress 2014 di Barcelona dengan nama Nokia X dan Nokia X+ sebagai Android pertama dari Nokia.

Nokia X dan X+ ini adalah handset pertama Nokia yang menjalankan Android, meskipun versi bercabang dari sistem operasi Android itu sendiri. Nokia X dan X + ditujukan untuk pasar negara berkembang dan sebagian didukung oleh layanan Nokia dan Microsoft. Handset ini sebagai pengembangan dari Asha dan tidak begitu menjadi gangguan pada Window Phone.

Nokia X dan X + adalah ponsel Android murah, menjalankan versi bercabang dari sistem operasi open source. Tidak ada Google Play Store, Nokia menyediakan sendiri "Nokia Store" dan toko aplikasi lainnya. Ponsel ini akan didukung oleh Microsoft suite dan SINI apps. Nokia X dan X+ memang bukan perangkat unggulan, tetapi ditargetkan untuk menambah jumlah amunisi Nokia untuk memikat pasar negara berkembang.

Untuk spesifikasi kita dapat melihat layar 4-inci pada kedua ponsel. Hanya saja, Nokia X+ memiliki memori dan penyimpanan tambahan melalui kartu microSD. Kedua ponsel memiliki warna-warna keren dan trendi serta desain ikonik khas Nokia Asha Touch.
 
Melihat kedalam, kamu akan menemukan aplikasi OneDrive, Skype, Outlook.com, HERE Maps, Nokia Mix Radio dan banyak lagi. Aplikasi ini dapat ditransfer yang melalui kartu penyimpanan. Handset ini akan tersedia di lebih dari 60 pasar di 160 operator yang berbeda. Nokia X dan X + dimaksudkan untuk mengarahkan pengguna ke layanan Microsoft. Yah, memang strategi Nokia dan Microsoft untuk mengarahkan para konsumen teknologi ke layanan mereka cukup diacungi jempol dengan menyertakan OS pesaing mereka, Android.

Nah, seru juga kan kalau bahas teknologi khususnya Android pertama Nokia yaitu Nokia X dan Nokia X+? Ikuti terus perkembangannya di blog saya ini tentang teknologi seputar Windows Phone, Nokia, dan Microsoft.
Wassalamualaikum wr wb

6 Komentar

aneh juga ya, bukannya Nokia sama Microsoft kerjasama buat smartphone untuk menyaingi Android, eh sekarang malah ikut-ikutan bikin smartphone Android. Microsoft gak kesel tuh? wkwkwkwk

kunjungi juga ^^
juupzz-creation.blogspot.com

wah bang Jupri kurang paham nih, Nokia diijinin Microsoft pake Android itu buat meningkatkan pengguna layanan mereka karena secara pengguna Android sekarang terbesar di dunia. Ini cuma strategi mereka bang, mengingat disunatnya layanan Google dan disuntikkan aplikasi native Nokia + layanan Microsoft, memang aneh karena di phone infonya sendiri Nokia menyebut OS Nokia X ini dengan "Nokia X Software" bukan "Android 4.4.1 Kitkat bla bla bla" gitu, :D

oke kunbalnya ditunggu aja, yang penting blog situ update terus, wkwkwk ^^

Oh iya berarti versi android di Nokia X ini berapa ya? Mungkin "Nokia X Software" itu build namenya

Yup, Nokia X series pake Android 4.4.x.x Kitkat yang udah dimodifikasi UI ala Nokia Asha, seperti Fastlane, tapi dilihat dari video reviewnya kurang smooth untuk urusan geser, :/

Sayang ram nya kecil cuma 512 yang X & ga ada app storenya google tapi bikinan sendiri betul ga gan

Betul sekali, karena memang Nokia X series ini ditujukan untuk negara berkembang seperti Indonesia (termasuk kelas Low-End) jadi speknya gak terlalu gahar. Masalah Play Store memang Nokia tidak menyediakan, tapi namanya juga Android, dengan sedikit root udah bisa dipasang Play Store, hehehe


EmoticonEmoticon