Sunday, February 9, 2014

Peran Biologi sebagai Ilmu

Assalamualaikum wr wb
Hay sobat, dalam kesempatan kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang bagaimana peran biologi sebagai ilmu murni maupun terapan. Tentunya hal ini sangat dasar untuk kita ketahui bagaimana ilmu biologi itu kita pelajari. Dulu saya sangat menyukai biologi ini karena banyak hal menarik yang saya dapatkan dari biologi, apalagi sewaktu praktikum itu merupakan pengalaman seru dalam belajar biologi.

Sejatinya kita mempelajari biologi berarti mempelajari asal usul kehidupan alam, tentu ini memicu rasa penasaran dan menggugah keingin tahuan setiap orang untuk bisa memahami bagaimana alam itu terbentuk dan terpampang seperti saat ini. Padahal biologi itu merupakan cakupan ilmu yang sangat luas, mulai dari hal terkecil dari dalam manusia atau makhluk hidup hingga hal terbesar seperti alam semesta.

Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu mengalami perkembangan secara dinamis, begitu pula dengan biologi. Perkembangan tersebut dapat mengungkapkan kaidah-kaidah baru mengenai fenomena alam, sosial atau kemanusiaan disertai penerapannya untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Manusia selalu tertarik pada banyak hal. Mempelajari biologi membantu kita mengerti tentang lingkungan tempat tinggal kita dan membantu kita dalam mengatur hidup dan kesehatan kita. Biologi telah ada jauh sebelum ilmu-ilmu lain berkembang. Diperkirakan biologi ada sekitar abad XVI, ketika para sarjana IPA pada saat itu telah mengamati dan mempelajari berbagai keanekaragaman makhluk hidup. Nah, maka dari situlah lahir cabang-cabang ilmu biologi.

Seiring dengan pesatnya perkembangan biologi, muncul berbagai cabang biologi yang mempelajari dalam taksonomi (klasifikasi makhluk hidup), botani (ilmu tentang tumbuhan), dan zoologi (ilmu tentang hewan), misalnya:

  1. Anatomi, mempelajari tentang struktur dan fungsi bagian tubuh.
  2. Fisiologi, mempelajari kerja organ tubuh.
  3. Ekologi, mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.
  4. Mikologi, mempelajari tentang jamur.
  5. Mikrobiologi, khusus mempelajari tentang mikroorganisme.
  6. Morfologi, mempelajari tentang bentuk luar tubuh.
  7. Embriologi, mempelajari tentang embrio.
  8. Virologi, mempelajari tetang virus, dsb.
Dari daftar di atas masih sedikit sekali, untuk daftar lengkapnya kalian bisa mengunjungi Wikipedia (Branches of Biology). Peran biologi sebagai ilmu murni, biologi memiliki kedudukan yang sama dengan ilmu lain seperti fisika, kimia, geologi, genetika, matematika, dll. Sebagai ilmu terapan, biologi melibatkan ilmu lain, misalnya kimia, fisika, dan matematika. Dalam bidang agrikultur, misalnya seorang ahli biologi harus menguasai ilmu kimia dan fisika, dalam bidang farmasi selain biologi sebagai syarat wajib juga harus menguasai ilmu kimia. Seperti pada gambar berikut bagaimana hubungan terikat biologi dengan ilmu lain untuk membentuk ilmu baru yang lebih kompak.

Peran Biologi sebagai Ilmu

Bagaimanakah biologi bisa menjadi prospek kamu untuk masa depan nanti? Tak bisa dipungkiri biologi menjadi ilmu yang sangat laris dan disukai banyak pelajar. Terlebih dengan prospek kedepannya nanti bahwa biologi banyak mendukung tujuan dan cita-cita mereka yang dapat kalian lihat seperti gambar berikut.
Peran Biologi sebagai Ilmu

Nah, seru nggak sih menurut kalian biologi itu? Bagi saya biologi itu adalah teman, dulu selalu menemani saya sewaktu masih duduk di bangku SLTA, walaupun saya sekarang sudah jarang mempelajarinya karena memang di kuliah saya tidak ada biologi, yang tersisa dari IPA hanya fisika, hehehe. Namun, sampai sekarang saya juga masih suka baca-baca materi biologi karena memang asyik dan "kekepoan" saya tentang ilmu biologi, hehehe. Yap, sekian dulu artikel pendek dari saya tentang peran biologi sebagi ilmu. Entah itu terapan atau murni, yang penting biologi asyik. Bagaimana dengan komentarmu sobat? Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon