Tuesday, April 15, 2014

Cara Efektif Menghindari Rasa Malas Belajar

Assalamualaikum wr wb

Cara Efektif Menghindari Rasa Malas Belajar
Selamat pagi! Walaupun waktu berganti pagi, siang, sore, hingga malam tapi semoga semangat kita seperti semangat pagi kawan. Cara efektif menghindari rasa malas belajar ini saya tulis karena saya sendiri sedang dilanda rasa jenuh dan bosan dengan belajar (istighfar dulu gan).

Bosan memang manusiawi dan menjangkit semua orang, tak ada 1 pun orang yang tak pernah bosan. Rasa bosan datang ketika melakukan hal yang sama berulang-ulang atau terus-menerus, meskipun itu hobinya sekalipun. Bosan melakukan hal buruk itu bagus kawan, tapi kalau sampai bosan belajar sesuatu yang baik itu yang bahaya. Bosan sejalan dengan rasa malas, karena malas menyebabkan bosan, untuk itu mari kita cari solusinya menghindari rasa malas.

Yang saya tekankan disini adalah bagaimana cara efektif menghindari rasa malas belajar. Ketika belajar, otak akan bekerja, berpikir, dan memahami apa yang kita pelajari. Semakin lama otak berpikir maka akan menguras banyak tenaga yang kita punya. Untuk itu berikut tips efektif menghindari rasa malas belajar.
  1. Niat
    Semua pekerjaan dimulai dengan niat, tanpa niat kita tidak akan melakukan apa-apa sob, bener nggak? Memang dari awal kita harus menata niat kita dulu untuk belajar. Menyingkirkan segala sesuatu yang bisa merusak tingkat niat kita, kefokusan, dan gangguan-gangguan internal seperti gangguan jiwa, hahahaha. Niatlah yang baik, maka belajar kalian pun akan menjadi baik.
  2. Beristirahatlah
    Belajar terus? Udah bosen? Mrasa males? Capek? Jangan cepat menyerah, tapi beristirahatlah. Karena otak juga seperti mesin yang perlu istirahat, maka turutilah keinginannya dan jangan kalian paksakan atau otak kalian akan ngambek dan nggak mau diajak mikir lagi, hehehe. Ambil break sekitar beberapa menit dan jangan lama-lama, bisa-bisa ketagihan ntar, :3
    Kalian bisa break sambil makan Kitk*t (no promo :p), minum air atau susu hangat sebagai simultan otak, atau melakukan senam ringan agar kebugaran tetap terjaga. Kalo udah seger maka otak siap diajak kencan lagi, eh mikir lagi maksudnya. :D
  3. Hiburan Itu Penting!
    Nah, poin yang satu ini agak gimana gitu, soalnya bisa membuyarkan fokus kita kalo tujuan utamanya adalah belajar, kayak saya awalnya belajar dan lama-kelamaan jenuh akhirnya nonton anime, tapi malah nyampe beberapa episode (ceritanya seruuu gan) :3
    Misal kalian bisa nonton yang menghibur kayak ILK, stand up, atau sekedar musik ringan. Intinya bisa ngebuat tubuh rileks, setelah itu lanjut meneh sinaune yo gan. :D
  4. Pelajari yang Menarik
    Kalau ini tergantung dari kalian yak, mau belajar yang emang paporit kalian atau yang membuat kalian panas dingin. Yang menarik tentunya menjadi pilihan karena bisa-bisa ketagihan dan lupa makan, hahaha. Materi pun mudah terserap bro, tapi jika kalian mempelajari yang kalian ogah-ogahan mending belajar ngajak masternya, dijamin pasti KO dah itu pelajaran.
  5. Catatan yang Kreatif
    Terakhir kalian bisa membuat catatan-catatan kreatif buat summary pelajaran tadi, misal dikasih flowchart, karikatur, gambar, maupun abstrak sekalian, hahaha. Yang penting kalian mudeng dan nyaman mandanginnya, dengan begitu kalo mau buka catatan itu nggak ada kata "males" lagi.
Sip, sekedar itu saja tips dan cara efektif menghindari rasa malas belajar yang tentunya ori dari pengalaman saya dan alhamdulillah itu berkerja pada saya. Oke sekian dulu dari saya yang tumben mau berbagi tips, karena sebenernya saya males ngetiknya soalnya laporan saya banyak, kalo nggak buat kawan setia El Abad ya mending nggak usah, hehehe. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bantu sharenya ya bro!

Wassalamualaikum wr wb

2 Komentar

hiburan itu penting, asal jangan khilaf terutama pas kuliah :v

hahaha, asal hiburannya jangan yang moe moe :v


EmoticonEmoticon