Tuesday, April 8, 2014

Review: Pengalaman Menggunakan Nokia Lumia 520 Black Update

Assalamualaikum wr wb
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman menggunakan Nokia Lumia 520 Black Update yang "baru" bisa saya miliki dari hasil PO Adsense tahun ini, alhamdulillah. Demi menjaga independensi, saya mencoba untuk menumpahkan segala bentuk perasaan saya sewaktu menggunakan Nokia Lumia 520 yang merupakan seri Lumia terlaris ke dalam tulisan ini dan perlu diketahui juga segala penilaian ini dilihat dari sudut pandang saya, jadi jangan protes kalau nggak sehati ya, hehehe.
Perlu diketahui juga nantinya Nokia Lumia 520 ini akan digantikan oleh Nokia Lumia 630 yang sudah mengusung Windows Phone 8.1 sebagai OS bawaannya. Oke langsung saja simak berikut review dari saya.

Desain
Pilihan saya jatuh pada Nokia Lumia 520 karena desainnya yang nggak murahan dan Nokia banget. Tampil cadybar full touch terasa pas di genggaman. Dengan harga 1,1 jutaan sudah dapet body cantik plus layar lebar ya udah syukur banget sob.
Tampak Depan

Tampak Belakang
Tampak depan dengan layar 4 inchi-nya yang masih berjenis TFT beresolusi 480x800 plus anti gores. Sisi kanan ada tombol power, volume, dan shutter kamera. Bagian bawah ada port microUSB + charger, sedangkan sisi atas ada port audio jack 3.5 mm dan bagian kirinya mulus tanpa tombol/port. Bagian belakang ada lensa kamera 5 MP, speaker, dan logo Nokia (saya tutup pakai stiker Windows, hehehe).
3 tombol kapasitif menemani di bawah layar yakni back, home, dan search. Back untuk kembali (tahan terus untuk pindah aplikasi), home untuk ke layar awal (tahan terus untuk perintah suara), dan search untuk memulai Bing Search.
Singkatnya, bodi Nokia Lumia 520 itu ringan, pas digenggam, tapi back cover mudah baret/tergores dan agak ringkih.

Layar dan UI
Mengusung teknologi TFT true color dengan resolusi WVGA 480x800 pixel layar Nokia Lumia 520 ini mampu memanjakan pengguna termasuk saya yang jarang kedip ketika di depannya, hehehe. Lengkap dengan anti gores saya nggak khawatir ketika dalam kantong bercampur kunci maupun uang koin. Udah tahu kan ciri khas Windows Phone 8? Yap, tampil live tile kotak-kotak yang bisa kalian personalisasikan ukurannya terasa nyaman dipandang. Pas dingin-dingin enaknya pakai sarung tangan, nah Nokia Lumia 520 siap menemani karena dapat dioperasikan walau waktu saya pakai sarung tangan.
Home
Lockscreen bisa diatur sesuka hati, geser ke atas untuk membukanya. Di situ akan tampil jam, agenda, dan beberapa notif seperti pesan SMS dan email.
Geser ke kiri kamu akan menemukan daftar aplikasi, di sini tampil sesuai abjad dan akan bertambah dengan kamu menginstal aplikasi baru. Jika kamu menginstal game maka akan masuk ke permainan.
All Apps

Permainan XBox
Kamu bisa gunakan tombol search untuk mencari aplikasi dengan cepat. Jangan khawatir bingung menggunakan UI ini karena mudah sekali untuk paham penggunaannya.

OS Windows Phone 8 Black Update. What new?
Seperti pada Nokia Lumia 620, L520 juga menggunakan Windows Phone 8 dan sudah tersedia update Black dari Nokia. Apa yang baru?
Lumia Black Update
  1. Jika kalian menekan tombol back agak lama maka kalian bisa menutup aplikasi dengan cepat tanpa menekan tombol back berulang kali seperti pada Lumia Amber Update. 
  2. Biasanya kalian juga menekan tombol power untuk menghidupkan layar, namun di Black update ini kalian bisa mengaktifkan layar hanya dengan double tap dan settingan ini bisa diubah di pengaturan.
  3. Peningkatan fitur Nokia Camera, dukungan Nokia Refocus, Nokia Creative Studio, Glam Me, Smart Cam, Cinemagraph, dan masih banyak lagi.
  4. Nokia Mix Radio, dengarkan beratus juta lagu gratis dan legal (menggunakan sambungan data alias streaming). Kalian juga bisa mengunduh untuk menyimpannya dengan membayarnya.
  5. Menonaktifkan getar pada 3 tombol kapasitif.
  6. Folder aplikasi untuk merapikan aplikasi berkategori sama dalam satu folder.
  7. OneDrive dengan gratis 7GB penyimpanan awan.
  8. Data Sense untuk mengatur pengeluaran biaya data kalian agar nggak boros.
  9. Penyempurnaan navigasi HERE Maps yang lebih keren.
Sudah segitu doang? Masih banyak lagi sob, tapi mungkin belum saya eksplorasi lebih mendalam, hehehe.

Hardware dan Jeroan
Mengandalkan Prosesor Qualcomm MSM8227 dual core 1 GHz, RAM 512 MB, dan GPU Adreno 305 cukup untuk menuntaskan pindah-pindah aplikasi, multitasking, jepret-jepret, streaming, dan main game sekelas Asphalt 8. Semunya terasa SMOOTH dan mulus lus lus berkat manajemen memori RAM di Windows Phone yang sangat baik. Perpindahan antaraplikasi sangat smooth, tapi juga terkadang ketika ponsel belum siap terasa sedikit lag. Main video kualitas 720p juga nggak masalah sob, wuenak lah pokoknya, hehehe.
Angry Birds with XBox

Asphalt 8
Ketika saya mencoba Nokia Lumia 520 untuk bermain game sekelas Asphalt 8, sungguh keren karena tidak lag sama sekali meski RAM hanya 512 MB, grafik yang bagus dan suara stereo yang dihasilkan sangat menawan, namun ketika digunakan bermain terus lama kelamaan bagian kameranya akan terasa hangat, mungkin prosesornya di situ kali ya, hehehe.

Kamera, Video, dan Musik
Sekelas 5 MP untuk smartphone 1 jutaan sudah lumayan lah sob, apalagi teknologi kamera dari Nokia yang sudah terkenal sejak seri N dulu. Berbagai fitur tersedia, mulai dari kamera bawaan Windows, aplikasi Nokia Camera, Smart Cam, Glam Me, Creative Studio, Refocus, Cinemagraph, dan lain-lain semakin membuat kamu kreatif dalam memaksimalkan kamera di Nokia Lumia 520 ini.
Aplikasi Kamera di Lumia 520
Kalian bisa berkreasi dengan banyaknya lensa yang tersedia di sana, misal kalian saat menggunakan Nokia Camera, maka ada beberapa pengaturan khas fotografer seperti pengaturan fokus, kecepatan shutter, ISO, white balance, dan beberapa mode jepretan lainnya.
Aplikasi Nokia Camera dengan Pengaturan Profesional

Pemutar Musik Bawaan Windows Phone
Nokia MixRadio
Video ditangkap dalam rate 30 fps resolusi HD 720p dan sangat bagus untuk merekam, pindah ke musik tampilan standar khas Windows Phone tersaji di sini tanpa pengaturan tambahan seperti equalizer pada Nokia Music. Hadir menghibur pengguna, Nokia Lumia 520 menyediakan aplikasi Nokia MixRadio yang bisa memainkan ratusan juta lagu dari seluruh dunia gratis (dibutuhkan sambungan data). Tambahan lagi di Nokia Lumia 520 juga terdapat radio yang akan aktif jika headset dicolokkan untuk antenanya.

Microsoft Account
Nah, ini yang membuat saya nyaman menggunakan Nokia Lumia 520, terdapat integrasi yang keren banget dari Microsoft Account.
Akun Microsoft di Office Mobile

Akun Microsoft di XBox

Akun Microsoft di Aplikasi Foto

Akun Microsoft juga Terintegrasi pada Layanan Bing
Mulai dari kontak, Windows Phone Store, sosial media (FB, Twitter, dll), XBox music, XBox Live, Cuaca, Office, semua layanan Bing, OneDrive, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan akun Microsoft-mu, kamu nggak perlu khawatir kehilangan data karena semua akan diback-up ke layanan Microsoft.

Peta
Beralih ke layanan eksklusif milik Nokia yakni HERE Maps, pemetaan dan navigasi luar biasa yang pernah saya rasakan.
Navigasi Turn by Turn, Peta Offline, dan Tagging yang Menawan di HERE Maps
Semua informasi jalan hingga gang kecil terekam di sana. Kamu bisa mengaksesnya tanpa menggunakan koneksi dan membebani biaya data karena kamu bisa mengunduh peta full 1 negara, untuk Indonesia ukurannya sekitan 250 MB-an, yah lumayan lah buat ngirit koneksi, hehehe.

Koneksi
Nokia Lumia 520 dilengkapi WiFi yang jangkauan penangkapannya kurang memuaskan, tapi jika sudah tersambung maka akses datanya sangat cepat, saya hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mengunduh Asphalt 8 yang berukuran 1,01 GB (mungkin WiFi kampusnya emang cepet ya, hahaha). Selain itu ada fitur wajib Bluetooth versi 4.0 yang transfernya standar lah karena memang versi ini cuma membutuhkan daya yang kecil, oh ya kalau mau transfer foto lewat bluetooth harus diaktifkan dulu karena jika masih nonaktif maka pilihan bluetooth tidak ada.

Fitur lainnya
Data Sense tersedia untuk kamu yang susah mengatur biaya pengeluaran koneksi data karena aplikasi ini akan otomatis membatasi jumlah byte data.
Data Sense
Ada browser IE 10 yang dukungan flashnya belum penuh, tapi untuk browser kalian bisa menggunakan UC Browser yang menurut saya lebih baik daripada IE. Namun saya tetap masih menunggu IE 11 yang muncul bersamaan Nokia Cyan Update (Windows Phone 8.1). Halaman mampu tertampil dengan baik pada versi web maupun mobile-nya. Pengalaman menggunakan Nokia Lumia 520 Black Update ini pun menjadi lebih seru broo.

Baterai
Disokong daya 1430 mAh berjenis Lithium Ion, Nokia Lumia 520 saya ini mampu bertahan kurang lebih 1 hari 1 malam dengan penggunaan game, internet, musik, telpon, dan beberapa aplikasi lainnya dengan standar. Pengisian daya untuk bisa full 100% sekitar 1 jam-an, cepet bukan? Terlebih kalian bisa menggunakan batery saver yang akan aktif jika sudah mendekati habis dan mematikan fitur latar belakang yang tidak diperlukan. Oke punya dah, oh ya sekedar tambahan beberapa fitur yang bisa membuat baterai cepet habis yakni kecerahan otomatis, double tap to wake up, kamera, dan game HD.

Yup, itulah review dan pengalaman menggunakan Nokia Lumia 520 Black Update dari saya, semua review tersebut dilihat dari sudut pandang saya. Kalo ada yang protes ya mari ke ranah hukum, hahaha. Misal kalian punya pertanyaan, tips, dan trik seputar pengalaman menggunakan Nokia Lumia 520 bisa dishare di komentar ya broo. Sekian dan semoga bermanfaat, let's #SwitchtoLumia :D

Wassalamualaikum wr wb

5 Komentar

Hallooo, ikutan giveaway di blogku dong.. Hadiahnya cincin berlian khusus buat pengguna Lumia...

waduh lumiaku baru tipe 520, masih jelek kameranya hehehe

Misi mas, mhon pencerahannya ya, saya pake lumia 520 tp sy gaptek, krn ini pemberian seseorang jd ga ada rencana buat dijual.. Gini mas, knp ya memori internal sy penuh trs? Padahal beberapa aplikasi udah dhapus, gmn ya? Trs yg kedua gmn cara liat hasil download musik d lumia ini ya mas? Kog tiap dwnload ga ada, mhn jawabannya ya, trims

Coba kamu atur memori Lumiamu pake aplikasi "Files" download di store. Disitu tiap kali download music akan berada di folder musik (kalo belum ada otomatis buat sendiri foldernya). Untuk memori internal penuh ga cuma aplikasi, bisa jadi junk files, email, sms, maupun data peta. Kamu bisa hapus melalui Settings → Storage Check → Geser ke details → pilih yang pengen kamu hapus, kamu bisa hapus app yang ukuran gede/maps/temporary files, dll
Semoga membantu :)

<p style="text-color:blue">Good gan, jadi pengen... Ditunggu kunbalnya di <a href="www.bansite.co.vu" title="Pusat web Review Hp">Blog Saya<a/></p>


EmoticonEmoticon