Sunday, June 8, 2014

Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update

Assalamualaikum wr wb

Hay sob, ketemu lagi dengan admin. Mumpung lagi suwung, kali ini saya ingin berbagi ulasan atau review Nokia Lumia 520 yang sudah saya upgrade ke Windows Phone 8.1 Preview for Developer. Apa artinya? Artinya saya mencoba mengintip fitur baru apa saja yang hadir di Windows Phone 8.1 ini sebagai developer. Lah emang saya developer? Rencananya sih gitu sob, doanya saja, hehehe.
Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
Nokia lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update

Seperti yang kalian ketahui, Nokia Lumia 520 merupakan varian terendah dari keluarga Nokia Lumia yang mengusung Windows Phone OS. Namun, dibalik kerendahan hatinya itu, Nokia Lumia 520 tetap mendapat dukungan dari sang Vendor dan partnernya (yang udah jadian) untuk menyediakan upgrade Windows Phone 8.1. Sejumlah fitur baru hadir, begitu juga peningkatan untuk fitur lawas, UI cukup berubah, dan ada yang unik juga. Oke daripada banyak cingcong, langsung saja simak review Windows Phone 8.1 dari saya berikut.

What's New?
Sebagai keturunan dari klan Nokia Lumia, seri Lumia 520 akan mendapat upgrade Windows Phone 8.1 melalui update Cyan, yakni update mayor setelah update Black. Lalu apa yang baru dari upgrade Windows Phone 8.1 ini? Berhubung saya menggunakan aplikasi Preview for Developer, maka dimungkinkan masih banyak fitur yang tersembunyi di update resminya nanti.

Informasi Telepon
Hal pertama tentu saya akan melaporkan detail dari informasi telepon Lumia 520 saya setelah upgrade Windows Phone 8.1 Preview ini yakni seperti gambar berikut.
Informasi Telepon Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1
Informasi Telepon
Di sana tercantum perangkat lunak yakni sudah Windows Phone 8.1 dan untuk versi OS-nya adalah 8.10.12383878. Untuk detail lainnya masih sama dengan Windows Phone 8 dulu. Namun pada upgrade Preview for Developer ini saya tidak bisa membuka menu Extra + Info di pengaturan, mungkin karena tidak resmi melalui Nokia.

User Interface
Mungkin ini yang mengalami perombakan besar yakni pada tampilan antarmuka, baik itu home, aplikasi, ataupun gestur-gestur baru. Saya akan memberi penjelasan berikut.
  1. Home Screen
    Pertama saya akan membahas home screen. Ketika pertama selesai upgrade, tile akan mempunyai fitur background tile yang dirasa cukup menarik dan tidak membosankan. Kita bisa mengatur background sesuka hati. Tampilan lainnya kita bisa menambah kolom tile menjadi 3. Artinya akan ada 3 kolom tile yang bisa kita atur sesuka hati dengan konsekuensi tile akan bertambah kecil sesuai dengan layar Lumia 520 yang hanya 4 inchi. Namun jika dirasa ribet, kita bisa mengaturnya hanya 2 kolom tile saja.
    Di screenshoot saya ini hanya menunjukkan home screen dengan 3 tile column tanpa tile background, untuk yang pakai background bisa kalian lihat di gambar pertama di atas.
    Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
    Home Screen dengan 3 Tile Column
  2. Notification Bar
    Ini merupakan inovasi baru di Windows Phone yang boleh dibilang agak "meniru" OS sebelah, namun kegunaannya cukup membantu terutama jika ada notifikasi penting seperti SMS, E-Mail, Sosial Media, alarm. Selain itu notification bar juga menampilkan pintasan untuk menghidupkan beberapa koneksi seperti Wi-Fi, Bluetooth, airplane mode, dan kunci rotasi layar. Fitur ini bisa kalian buka saat di home screen, sewaktu membuka aplikasi lain, bahkan saat mode layar terkunci, namun notification bar masih pada tampilan mode potrait.
    Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
    Notification Bar
  3. Daftar Aplikasi
    Daftar aplikasi adalah tampilan saat kita menggeser jari ke kiri dari layar home screen. Nah di sini, aplikasi tampil lebih banyak karena game yang biasa diakses dari XBox kini hadir di daftar aplikasi.
    Sejumlah aplikasi bawaan upgrade Windows Phone 8.1 juga terpampang di sini yakni antara lain Battery Saver, Cortana, Data Sense, FM Radio, Podcasts, dan Storage Sense. Fitur-fitur tersebut akan saya jelaskan nanti. Seperti biasa kita juga bisa langsung menguninstal aplikasi dari daftar aplikasi ini.
    Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
    Daftar Aplikasi
  4. Gestur baru
    Gestur baru di Windows Phone 8.1 Preview ini antara lain kita bisa menutup aplikasi dengan swipe down yang dulu kita harus menyentuh ikon close. Animasi perpindahan aplikasi pun berubah menjadi lebih ringan dan simple.
    Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
    Drag Down untuk Menutup Aplikasi
Cortana
Siapa dia? Tentu kalian sudah tahu kan Cortana itu siapa? Kalau belum mending tanya langsung sama dia aja, hehehe. Cortana merupakan digitasl assistance yang membantu kita dalam pengoperasian Windows Phone 8.1. Kita dapat memberi perintah ke Cortana seperti kirim sms, melakukan panggilan, memulai navigasi ke tempat tertentu, melihat update cuaca, atau iseng-iseng sekedar tanya siapa dia, hehehe.
Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
Cortana Menyapa
Namun, masih banyak sekali perintah yang dapat kita berikan ke Cortana. Sayangnya kebanyakan perintah harus menggunakan sambungan data/WiFi, jadi untuk yang offline sekedar fungsi telepon saja. Ketika saya mencobanya, pengucapan bahasa Inggris sangat mempengaruhi hasil yang diperlihatkannya, jadi kamu harus fasih bahasa Inggris, kalo nggak Cortana akan ngawur, hehehe.
Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
Cortana Membantumu
Pada versi beta ini, Cortana belum sepenuhnya bisa melakukan berbagai tugas, masih ada bug dimana voice recognization masih lemah. Namun fitur ini cukup dinantikan para penggemar Windows Phone.

Photos
Beralih ke aplikasi foto, di sini mendapatkan tampilan baru dimana foto latar belakang dihilangkan alias menjadi hitam/putih (sesuai pengaturan). Ketika pertama kali membuka aplikasi, tersedia semua gambar dalam kategori All yang diurutkan menurut tanggal dibuatnya gambar itu, baik itu foto maupun screenshoot.
Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
Photos

Fitur editor foto masih sama seperti dulu, tapi tampilan ikon kini lebih cepat dan membantu. Ketika kita akan mengupload foto ke sosial media, maka kita akan diarahkan langsung ke aplikasinya, jadi bukan upload dari Windows Phone.

XBox Music, XBox Game, XBox Video
Sekarang, XBox terdiri dari Music, Game, dan Video dimana ketiganya merupakan fitur multimedia dan radio pun di pisah dari Music ini. Now Playing tampil pertama kali ketika aplikasi XBox Music dibuka, geser untuk mencari lagu berdasarkan artis, album, song, genre, dan lain-lain.
Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
XBox Music

XBox game sepertinya masih tampil seperti dulu, namun sekarang terdapat karegori recent yang menampilkan game yang baru saja kita mainkan. Untuk pindah lagu bisa dilakukan dengan menggeser ke atas ke bawah pada album photo.

Internet Explorer 11
Internet Explorer juga mengalami peningkatan yakni kecepatan, flesibilitas, dan kemudahan navigasi. Kalian bisa melakukan previous atau next page dengan menggeser layar dari tepi ke samping. Penyimpanan cache yang semakin baik dan dukungan flash.
Review dan Ulasan Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update
Membuat Posting dari Internet Explorer

Oke gan, mungkin cukup itu yang baru sempat saya review tentang Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Preview Update, mungkin akan lebih lengkap lagi saat Nokia Cyan Update nanti dirilis sekitar pertengahan Agustus. Sekarang saya baru menanti hadirnya BBM di Windows Phone pertengahan Junia nanti, hehehe. Selamat menikmati review dan semoga bermanfaat! :D
Wassalamualaikum wr wb

2 Komentar

sob, yg aplikasi poto d wp 8.1 itu backgroundnya gak bisa d tukar pakai gambar/foto lain atw gimana sob ??
soalnya ane blm update 8.1 nih.

emang kalo udah update WP 8.1 tidak ada background image nya sob, mungkin di update Lumia Denim/Emerald selanjutnya, kalo di WP 8.1 PFD maupun Lumia Cyan belum ada


EmoticonEmoticon