Friday, August 22, 2014

Beberapa Hal Penting Khusus Mahasiswa Baru

Beberapa Hal Penting Khusus Mahasiswa Baru

Assalamualaikum wr wb
Sebelum membahas beberapa hal penting khusus mahasiswa baru yang harus diketahui ketika masuk dunia perkuliahan, saya jadi teringat kalau sebentar lagi saya sudah menjadi mahasiswa tingkat 3. Namun saya sedikit sedih karena belum bisa mencapai hasil terbaik pada bidang yang saya tekuni. Sewaktu menjadi Maba (mahasiswa baru) selalu saya katakan untuk menjadi mahasiswa yang baik dan benar, namun seiring pertumbuhan diri dan jiwa selama di kehidupan kampus saya telah melenceng jauh, yah sekarang saatnya taubat dan kembali ke jalur yang benar, semoga kalian juga tidak seperti saya yang inkonsisten.

Oke sekarang saya akan membahas inti dari hal penting yang harus diketahui mahasiswa baru. Kira-kira apa aja sih hal baru yang harus diketahui oleh mahasiswa baru? Berikut rinciannya.

1. Dosen Wali
Yap, saat kalian sudah masuk jurusan akan tiba masanya dimana kalian dipertemukan dengan seorang dosen, namanya dosen wali, hehehe. Dosen wali atau dosen pembibing mempunyai peranan penting untuk seorang mahasiswa. Rekomendasi pengambilan mata kuliah, penyetujuan KRS, bimbingan konseling, hingga curhat merupakan tugas dosen wali. Beliau merupakan penghubung antara mahasiswa dengan dunia perkuliahan.


2. Buku Ajar

Di setiap awal perkuliahan, para dosen pengampu mata kuliah akan memberikan silabus perkuliahan, lengkap dengan buku-buku teks yang disarankan maupun berupa e-book. Biasanya, harga buku teks ini cukup mahal. Jadi, pastikan dulu buku mana saja yang paling kamu perlukan dalam perkuliahan dari daftar tersebut. Cara lainnya, kamu bisa membeli buku bekas yang masih dalam kondisi bagus atau meminjam di perpustakaan. Karena saya kuliah di Teknik Komputer, maka kebanyakan para dosen membagi silabus berupa ebook dan software, jadi agak ngirit, hehehe.

3. Tempat Makan
Nah, ini merupakan kebutuhan primer kalian wahai para maba. Jika kalian mempunyai cukup biaya akomodasi sih nggak masalah ya. Namun bagi kalian yang pengen ngirit selain menentukan makanan apa yang akan kalian cerna, juga kalian harus rajin mencari tempat makan yang murah meriah lalu kalian tag deh di maps smartphone kalian, hehehe. Selain murah, kalian juga harus memperhatikan nilai gizi akan kesehatan tetap terjaga :)

4. Aktif di Kampus 
Keaktifan dalam kehidupan sosial di kampus enggak hanya memberikan pengalaman. Hal ini juga menjadi investasi dalam membangun jaringan. Selain kuliah, cobalah untuk aktif di kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai minat dan bakat. Dengan begitu, kesempatan bertemu banyak orang dan memiliki teman baru pun lebih besar. Selain ekskul, kalian juga bisa mengikuti organisasi yang sesuai dengan passion kalian, niscaya bakal seru kehidupan kampus kalian. Jangan cuma jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang).

5. Hidup Seimbang
Selain ngampus, tentu kalian harus memperhatikan keseimbangan kehidupan kampus dengan sehari-hari, misal di luar kampus kalian mengikuti berbagai kegiatan atau kerja part time. Jangan sampai membuat kalian kelelahan dan yang terpenting kalian harus bisa menikmatinya.

6. Menjaga Keselamatan
Meski di lingkungan kampus, namun belum menjadi 100% aman. Ada kalanya terjadi begal atau jambret dan sebagainya. Maka dari itu selalu waspada dan jangan pulang terlalu larut karena keasyikan WiFi-an (pengalaman maba, hehehe). Ketahui juga kontak petugas keamanan maupun polisi dan nomor-nomor darurat.

7. Rencana Perkuliahan
Rencanakanlah mau lulus kapan, berapa tahun, dengan IPK berapa, kerja dimana, mendirikan perusahaan apa, kuliah di luar negeri, ngambil beasiswa apa, ikut seminar, kapan waktu pulang kampung, dan lain-lain. Detailnya mungkin kalian akan mengetahui saat sudah di dalam dunia kampus.

Oke mungkin cukup itu beberapa hal penting khusus mahasiswa baru yang harus diketahui. Semoga kehidupan kampus kalian menyenangkan dan mendebarkan. Satu lagi, jangan sering-sering terlambat masuk kuliah dan titip absen yaa :)

Wassalamualaikum wr wb

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2014/08/21/373/1027930/info-penting-buat-maba-nih

4 Komentar

Gan, bisa kasih solusi buat mahasiswa baru yg kuliah keluar kota agar tidak boros keuangan...
hehe

fokus buat nyunat biaya makan sama hang out :v


EmoticonEmoticon