Wednesday, August 20, 2014

Cara Mengakses Facebook yang Diblokir oleh Sekolah, Kampus, atau Kantor

Cara Mengakses Facebook yang Diblokir oleh Sekolah, Kampus, atau Kantor

Assalamualaikum wr wb
Senang rasanya bisa mengisi waktu luang Semester Pendek ini dengan blogging, yah biar blog ini tetap ada pengunjungnya walau sudah usang dan tua karena banyak sarang laba-labanya. Kali ini saya ingin berbagi trik bagaimana cara mengakses Facebook yang diblokir oleh sekolah, kampus, maupun kantor/tempat kerja. Sekarang, Facebook telah menjelma menjadi tempat nongkrong kedua setelah dunia maya dan setiap hari penting untuk memeriksa kondisi akun Facebook kita, apakah ada moment penting yang tidak ingin terlewatkan atau  sekedar berbagi cerita dengan sesama pengguna Facebook. Memang Facebook boleh dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun kita sebagai pengguna harus tahu aturan juga di dunia nyata tentang dampak penggunaan Facebook, semisal di sekolah, kampus, atau kantor/tempat kerja.

Sekolah, kampus, dan kantor/tempat kerja pun memutuskan untuk memblokir akses Facebook dalam rentang waktu tertentu. Hal ini dimaksudkan agar para siswa, mahasiswa, ataupun pegawai dapat mengikuti kegiatan di dunia nyata dengan baik dan benar. Namun tetap saja memblokir akses Facebook seperti menghilangkan separuh jiwa bagi penggunanya yang sudah bergantung dengan Facebook. Contoh ketika seseorang ingin mencari informasi lowongan pekerjaan di suatu komunitas di Facebook, atau kelompok belajar online, atau informasi penting lainnya tentu bakal merepotkan jika akses Facebook di tempat-tempat tersebut diblokir.

Nah, maka dari itu beberapa teman kreatif kita menemukan cara yang patut dicoba untuk mengakses Facebook yang diblokir oleh sekolah, kampus, atau kantor/tempat kerja seperti berikut.

1. Menggunakan DNS Lain
Perlu diketahui Facebook memiliki alamat protokol (IP) sendiri. Jika kamu ingin memblokir Facebook, maka secara otomatis kamu memblokir IP dan tidak ada yang mampu membuka akses ke sana. Jika alamat IP Facebook diblokir dalam server DNS maka kamu tidak bisa mendapatkan akses ke situs web tersebut. Jika alamat IP Facebook telah diblokir melalui server DNS, maka yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan server DNS lain. Kamu bisa mencoba salah satu server seperti Google Public DNS atauOpenDNS.

a. Klik kanan pada ikon sinyal WiFi/sambungan, klik Open Network and Sharing Center
Cara Mengakses Facebook yang Diblokir oleh Sekolah, Kampus, atau Kantor

b. Klik koneksi yang aktif (lihat pada gambar). 
Cara Mengakses Facebook yang Diblokir oleh Sekolah, Kampus, atau Kantor

c. Klik Properties.
Cara Mengakses Facebook yang Diblokir oleh Sekolah, Kampus, atau Kantor

d. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IP4), lalu klik Properties.
Cara Mengakses Facebook yang Diblokir oleh Sekolah, Kampus, atau Kantor

e. Isikan Google Public DNS atau open DNS pada kolom berikut, lalu klik OK.
Cara Mengakses Facebook yang Diblokir oleh Sekolah, Kampus, atau Kantor

Berikut alamatnya

Google Public DNS

Preferred DNS server isikan dengan DNS servers: 8.8.8.8 (tulis dengan 008.008.008.008)
Alternate DNS server isikan dengan DNS servers: 8.8.4.4 (tulis dengan 008.008.004.004)

OpenDNS

Preferred DNS server isikan dengan DNS servers: 208.67.222.222 (tulis dengan 208.067.222.222)
Alternate DNS server isikan dengan DNS servers: 208.67.220.220 (tulis dengan 208.067.220.220)

2. Menggunakan Alamat IP Facebook
Kalian bisa mencoba mengisikan alamat IP Facebook ke address bar browser, untuk alamat IP Facebook kalian bisa mencari di internet.

3. Menggunakan Website Proxy
Cara lain yaitu mengakses Facebook dengan melalui website Proxy. Di internet banyak sekali penyedia jasa surfing akses internet lewat free proxy, nah kalian bisa memanfaatkannya untuk mengakses Facebook yang diblokir. Untuk mencari website proxy, kalian bisa menggunakan kata kunci situs penyedia Website Proxy.

4. Mengakses Facebook melalui Akun Email
Jika kalian mengaktifkan pemberitahuan Facebook melalui email, kalian bisa mencoba mengakses Facebook melalui email tersebut. Cara ini belum pernah saya coba, nobody got time for that, hehehe.

5. Gunakan Modem Sendiri
Cara terakhir adalah menggunakan modem di sekolah, kampus, atau kantor untuk mengakses Facebook, karena yang diblokir adalah melalui WiFi bukan dari modem kamu sendiri, hehehe.

Sekian tips dari saya cara mengakses Facebook yang diblokir oleh sekolah, kampus, atau kantor/tempat kerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr wb

Sumber: http://aisukablog.blogspot.com/2014/08/cara-membuka-facebook-yang-diblokir-di-sekolah-atau-kantor.html

2 Komentar

tak cobane dulu gan, siapa tau ini bisa berhasil.....soalnya di SMA gue penggunaan internet masih dibatasi....thks


EmoticonEmoticon