Tuesday, October 28, 2014

6 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa sebagai Anak Kos

6 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa sebagai Anak Kos
6 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa sebagai Anak Kos

Assalamualaikum wr wb
Kos adalah tempat ternyaman untuk mahasiswa yang seharian lelah karena jadwal kuliah dan rapat yang padat untuk sekadar melepas penat. Namun suasana kos yang seperti apa yang dapat melepas penat mahasiswa? Berikut 6 hal yang perlu dilakukan mahasiswa sebagai anak kos agar menjadi anak kos yang oke.
  1. Mendesain Ulang Kamar
    Ada kalanya pertama kali kita memasuki kamar kos yang baru, desainnya tidak sesuai harapan kita. Misal lemari baju di depan pintu atau kasur di langit-langit, kan nggak lucu. Nah, coba desain sesuai kebutuhan dan keinginan kalian. Kamu bisa memilih dimana seharusnya kasur berada. Saran saya, kasur berada dekat dengan ventilasi, lalu di sampingnya ada meja belajar sekaligus tempat sampah, di sisi lain bisa ditaruh lemari dan gantungan baju, nah tembok yang lain bisa ditempeli poster AKB48 cacatan tugas atau kata-kata motivasi. Menyisakan space di bagian tengah bisa kamu gunakan untuk sholat bagi yang muslim atau sekedar malas-malasan (tidak dianjurkan).
  2. Membersihkan Kamar di Akhir Pekan
    Setelah desain kamu terapkan, saatnya untuk miantenis alias merawat dan membersihkan kamar di akhir pekan. Semisal kamu nggak sempet, kamu bisa lakukan di waktu reguler ketika kosong. Pokoknya usahakan kamar terawat bersih dan terjaga, karena di dalam kamar kos yang sehat terdapat pula mahasiswa yang sehat.
  3. Mengakrabkan Diri pada Sesama Penghuni Kos
    Nah yang satu ini penting, siapa lagi teman di kos kalo bukan sesama penghuni kos? Akrablah dengan mereka, misal mengadakan perjalanan ke suatu tempat, main futsal bareng, atau sekedar ngopi bareng, sholat bareng malah lebih baik. Jadilah pribadimu yang baik dan menyenangkan, oke.
  4. Murah Senyum kepada Ibu/Bapak Kos
    Ini juga perlu dikuasai oleh mahasiswa anak kos, murah senyum ke pengelola kos itu penting di masa pembayaran uang bulanan kos. Ya nggak itu aja sih, kalau kalian murah senyum dan lagi beruntung, pasti kalian akan mendapatkan rejeki dari beliau, misal tiket nonton konser AKB48 diajak makan bareng, syukuran, atau sekadar cemilan yang menyehatkan.
  5. Berolahraga
    Saya yakin sebagian besar anak kos pasti suka berolahraga. Entah itu senam, jogging, lari, atau lainnya. Jangan sampai hari kalian sebagi anak kos melewatkan kegiatan yang satu ini, karena selain menyehatkan juga memberikan semangat ke tubuh yang sering loyo dan malas. Saya biasanya sih olahraga senam jari yang menyehatkan peredaran darah, hehehe.
  6. Hang Out
    Akan tiba suatu masa ketika kalian mulai jenuh dengan suasana kos, alangkah baiknya kalian hang out bersama teman-teman atau sesama penghuni kos untuk menghilangkan kejenuhan. Ya mau bagaimana lagi, hidup di kota orang dan punya kamar yang sempit, so why not? Namun hang out juga harus kalian pikirkan tujuannya, jangan mbolang atau ngeluyur ke tempat yang tidak jelas. Hang out yang bermanfaat misal ke pameran teknologi atau buku, ke perpustakaan daerah, mendatangi pengajian, dan banyak lagi.
Nah, itulah 6 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa sebagai Anak Kos supaya kehidupan kalian lebih baik dan berwarna. Memang menjadi anak kos itu susah gampang-gampang. Terkadang semangat tinggi, terkadang semangat turun, maka dari itu menjadi anak kos harus hidup lebih baik dan berwarna, sekian dari saya artikel pendek ini semoga bermanfaat. Salam anak kos! ^^
Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon