Friday, November 28, 2014

Cara Anak Kos Mengisi Weekend dengan Minim Biaya

Cara Anak Kos Mengisi Weekend dengan Minim Biaya
Cara Anak Kos Mengisi Weekend dengan Minim Biaya
Assalamualaikum wr wb
Tiap weekend kalian ngapain aja sih? Masih aja menghambur-hamburkan uang? Nah, di sini saya berbagi tips bagaimana mengisi weekend tanpa mengeluarkan banyak biaya. Memang kita selalu disibukkan dengan kegiatan kuliah yang isinya belajar, praktikum, laporan, dan sebagainya. Tentunya weekend merupakan hari yang kalian tunggu setelah menjalani rutinitas tersebut.

Ada banyak cara untuk mengisi weekend untuk merefresh otak dan pikiran kita agar segar dan siap menghadapi minggu selanjutnya dengan penuh semangat. Misal rekreasi bareng temen-temen hingga pulang kampung ke rumah.

Nah, kendala bagi anak kos tentunya ada di biaya. Jika pengen ikut rekreasi pasti itung-itungan dulu jatah buat bulan ini masih cukup atau kurang. Memang sebagai anak kos, wajib bisa mengatur keluar masuk biaya kehidupan kita di kampung orang. Dengan latar belakang tadi, muncul ide dari saya untuk memberikan tips mengisi weekend dengan minim biaya namun tetap menyegarkan pikiran.
  1. Cari Destinasi Tempat Nongkrong yang Murah dan Asyik
    Jika kalian (masih) punya modal buat ngisi weekend, sebaiknya usahakan keluar ngajak temen-temen buat nongkrong bareng. Cari destinasi tempat nongkrong yang murah dan asyik. Pasti diantara temen-temenmu tahu tempat-tempat seru buat nongkrong. Nongkrongnya mahasiswa ya jangan hanya sekedar nongkrong, tapi harus juga yang bisa mendatangkan inspirasi misal bisa kepikiran judul TA atau Skripsi :v

  2. Ikut Kegiatan di Dalam atau Luar Kampus yang Gratis
    Kegiatan lainnya buat ngisi liburan kalian adalah dengan mengikuti kegiatan, seminar, atau workshop yang biayanya FREE. Pasti banyak yang ngasih info tentang kegiatan tersebut dan tentunya ini akan menambah pengetahuan, wawasan, dan relasi kalian untuk menghadapi masa depan nantinya. Contohnya nih saya ikut Google DayX, lalu ada pelatihan Windows Phone 8 App Workshop dan tentunya gratis. Selain itu dapet makan siang pula, wah emang bener-bener berkah deh, hehehehe

  3. Ikut Jalan Sehat Bareng Pak Rektor
    Nah, ini nih favorit saya. Karena pak rektor UNDIP yang kemarin cinta banget sama lingkungan hidup, beliau mengadakan jalan sehat dan sepeda santai bareng pak rektor. Asyik deh pokoknya, abis jalan sehat atau gowes dapet sarapan dan nasihat dari beliau. Pasti deh weekendmu nggak bakal sia-sia.

  4. Daftar Teman-temanmu yang Ulang Tahun
    Kelakuan anak jaman sekarang tuh kalau temennya ada yang ulang tahun siap-siap dipalakin. Nah disini kamu bertindak sebagai resepsionis yang bertugas mendaftar temen-temenmu yang ulang tahun. Rencanakan hang out pas weekend aja yang kebutuhannya diakomodasi sama temenmu, dijamin liburanmu bakal seru dan asyik, ahahaha.

  5. Ngadain Event dengan Teman Kuliah
    Misal nggak tau mau ngapain ntar weekend, ajakin temen-temenmu main-main ke kampus, misal maen PES bareng atau DOTA pake WiFi kampus, hahaha. Biar lebih greget bawa cemil yang kiloan itu biar makin rame.

  6. Belajar atau Membuat Eksperimen
    Dirasa tugas numpuk, banyak, dan tercecer, saatnya kamu belajar dan membuat eksperimen baru. Pelajari hal-hal baru yang belum kamu ketahui, eksplor lagi otakmu supaya maksimal lagi dalam menyerap pengetahuan, bisa jadi nantinya menjadi seorang ilmuwan atau profesor.

  7. Meningkatkan Iman dan Ibadah
    Nah, weekend pasti banyak waktu luang kan. Kamu juga bisa mengisinya dengan meningkatkan ibadah dan imanmu yang sekiranya udah mulai turun. Saatnya men-charge lagi pengetahuan religiusmu agar menjadi mahasiswa yang baik dan bermanfaat.

  8. Nobar di Kos
    Terakhir jika emang nggak ada duit babar blas (red:Jawa) alias bokek pake banget, nonton film atau pertandingan sepak bola mungkin seru buat ngisi weekendmu. List jadwal pertandingan sepakbola atau sharing film kesukaan. Kalau nontonnya rame-rame pasti seru, tapi jangan nonton yang aneh-aneh ya, hehehe.
Memang weekend bakal seru kalau punya duit, tapi ternyata ada banyak cara kan buat ngisinya tanpa perlu berboros ria? Nah, temen-temen bisa mencobanya di kos, eh di kehidupan sendiri mana yang seru atau sesuai selera temen-temen. Jika ada saran lain buat ngisi weekend dengan biaya minim, bisa disharing buat temen-temen seperjuangan di kolom komentar. Atas kunjungan, perhatian, dan dukungannya saya mengucapkan terima kasih, hehehe. Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon