Saturday, April 4, 2015

4 Tips Ampuh Merawat Laptop. Notebook, dan PC Tablet

Assalamualaikum wr wb

Sekarang sudah jamannya serba teknologi. Berbagai laptop maupun gadget sudah menjadi barang umum yang banyak kita temui di pasaran. Namun permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna baru adalah kurang tahu bagaimana merawat gadget mereka dengan benar agar awet dan tetap nyaman digunakan.
Merawat Laptop, Notebook, dan PC Tablet
Dalam perawatan dan penggunaan laptop ataupun gadget ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan meskipun itu kecil karena akan berpengaruh pada gadgetmu sendiri secara langsung.
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat kamu meletakkan gadget.

  • Letakkan di tempat yang nyaman, terhindar dari jalan yang dilalui banyak orang, atau dari anak kecil. Hal ini akan mengurangi risiko terjadi kecelakaan seperti terinjak atau tertindih sesuatu.
  • Jauhkan benda-benda cair yang bisa saja tumpah ke keyboard laptop atau PC tabletmu.
  • Letakkan laptop atau notebookmu di tempat yang rata dan jangan sampai di tempat yang bisa menutupi lubang ventilasi udara panas agar suhu laptop tetap terjaga.
Kedua adalah merawat LCD perangkat.
  • Bersihkan secara rutin LCD perangkat laptop, notebook, PC secara teratur dengan cairan khusus untuk membersihkan LCD. Biasanya dijual di toko komputer dan aksesoris dengan harga berkisar 15-30 ribu.
  • Bila kamu memakai case usahakan jangan langsung menutup LCD tabletmu karena suhu yang panas dapat mempengaruhi ketahanan LCD perangkat. Begitu juga dengan laptop, tunggu suhunya hingga cukup aman untuk ditutup.
  • Selalu gunakan case yang empuk dan dapat menahan benturan perangkat dari benda keras lain agar LCD tetap awet.
  • Sekali-kali lakukan kalibrasi LCD dan pengecekan rutin. Hal ini ditujukan jika terdapat kerusakan sekecil apapun maka penanganannya akan bisa dilakukan sesegera mungkin.
Ketiga adalah keyboard perangkat.
  • Hindarkan keyboard dari benda-benda kecil agar tidak terselip ke dalam keyboard yang bisa menimbulkan kerusakan.
  • Gunakan pelindung keyboard yang nyaman digunakan dan dapat menghindarkan dari berbagai benda yang dapat merusak keyboard. Pelindung ini biasanya terbuat dari karet transparan dan ada yang bertipe embedded atau mengikuti pola keyboard.
  • Mengetiklah sewajarnya dan jangan lebay. Ingat, kebanyakan keyboard laptop berjenis magnetik dan jika terlalu keras kamu menekan bisa jadi dapat merusak keyboard itu sendiri.
  • Jika kamu gamer, gunakan keyboard khusus gamer tersendiri dan jangan paksakan menggunakan keyboard bawaan laptop.
Keempat adalah baterai perangkat.
  • Tidak dianjurkan menggunakan perangkat laptop, notebook, PC tablet saat proses pengisian baterai. Hal ini dapat mengurangi masa pemakaian baterai lebih cepat.
  • Jika kamu memang sangat butuh untuk menggunakan perangkat, usahakan gunakan saat kondisi baterai perangkat dalam keadaan penuh dengan mencabut charger dan memasangnya lagi saat kondisi baterai sekitar 20%.
  • Selalu gunakan laptop pada kondisi baterai terpasang meskipun charger terpasang. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan motherboard laptop jika terjadi padam listrik karena laptop akan langsung mati
  • Jangan terlalu sering melepas baterai karena dapat merusak soket koneksi baterai.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menginstal antivirus agar terhindar dari bahaya entah itu bootloop atau kekacauan data. Selalu update driver, antivirus, dan OS terbaru agar laptop atau tablet tetap awet dan dalam peforma terbaik. Selain itu membuka perangkat dan membersihkan debu di kerangka perangkat juga termasuk perawatan yang dianjurkan. Gunakan aksesoris pendukung seperti cooling pad, screen protector, case yang bagus, dan lain-lain.
Tips di atas hanyalah pengalaman saya dalam menggunakan perangkat elektronik agar tetap awet dan dalam kondisi prima. Semoga tips di atas berguna untuk temen-temen semua.


Wassalamualaikum wr wb

3 Komentar

Kalau laptop NVIDIA buat ngePES tiap waktu dampaknya apa Kak buat Laptop?

mainnya Pesnya juga sambil marah-marah kak, kan kasian laptopnya...

oh ya, kakak el abad jomblo ya? pantes masih sempet rawat laptop. Kan nggak ada yang dirawat....he..he..


EmoticonEmoticon