Wednesday, April 1, 2015

Mencari Ide untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya membahas tentang bagaimana mencari ide untuk Program Kreativitas Mahasiswa alias PKM. Bagi kalian yang sudah kuliah pasti sudah sering mendengar tentang PKM, kegiatan yang diadakan oleh Dikti dalam rangka untuk menggali potensi yang dimiliki para mahasiswa untuk dapat membuat suatu pemikiran, alat, rancangan, dan sebagainya untuk kesejahteraan masyarakat.
Program Kreativitas Mahasiswa
PKM sendiri dibagi menjadi 2, yakni PKM 5 bidang yang mencakup PKM Penelitian, PKM Karsa Cipta, PKM Teknologi Terapan, PKM Kewirausahaan, dan PKM Pengabdian Masyarakat. PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana, yaitu PKM.

Nah, bagaimana sih tips mencari ide untuk diajukan sebagai proposal Program Kreativitas Mahasiswa ini?

Banyak sekali cara atau tips menemukan sebuah masalah atau ide agar dapat dikembangkan dan kemudian kita bisa memberi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan ide kita. Sebenarnya saya bukan orang yang ahli dalam analisa masalah, namun saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang cara mencari ide untuk diajukan ke PKM ini. Simak tipsnya berikut ini.
  1. Lingkungan sekitar
    Ide dapat kalian temukan dengan hanya melihat lingkungan sekitar kalian. Misal saya melihat listrik sering mati di jurusan saya. Dengan begitu saya bisa mengajukan suatu ide bagaimana menciptakan sumber energi listrik untuk penanganan kekurangan pasokan sumber daya listrik di setiap jurusan di fakultas saya. Ya bisa menggunakan tenaga angin atau sinar matahari. Anggaplah kalian sebagai seorang analis handal yang dapat melihat suatu peluang di dalam masalah di lingkungan kamu.
  2. Masalah pribadi yang mungkin juga bisa dirasakan khalayak umum
    Sesekali kalian pernah mengalami masalah pribadi, misal kalian sedang diet namun kalian juga tidak mau kelaparan. Dengan masalah pribadi tersebut yang mungkin juga dirasakan khalayak umum yakni berat badan, kalian bisa membuat sebuah resep makanan ramah untuk perut dan berat badan, entah itu resepnya seperti apa saya tidak tahu karena saya bukan dari jurusan Tata Boga, hehehe.
  3. Informasi
    Banyak sekali kalian menemukan ide dari informasi yang kalian dapat. Sesekali tontonlah TV (jika ada di kosan) dan pada channel berita (jangan bola mulu buat cowok, jangan sinetron mulu buat cewek). Informasi sekarang seperti pasir yang jumlahnya banyak sekali namun harus tetap disaring karena tidak semua informasi itu akurat. Misal di TV ada berita tentang kegiatan masyarakat yang sebenarnya berpotensi untuk perkembangan masyarakat tersebut, nah kalian bisa menyasar PKM Pengabdian Masyarakat bagaimana untuk memberdayakan masyarakat tersebut agar lebih produktif sesuai bidang yang kalian tekuni.
  4. Survei
    Sekarang era digital mudah sekali dalam melakukan survei. Misal kalian ingin melakukan survei bagaimana perilaku atau tingkat emosi seseorang ketika mendapat kejutan (mungkin ini menyasar ke PKM Penelitian ya untuk anak Psikologi). Nah untuk saya yang jurusan Sistem Komputer bisa membuat aplikasi untuk mengukur tingkat emosi orang tersebut (menyasar ke PKM Karsa Cipta). Banyak sekali ide bukan?
  5. Diskusi
    Jangan mengaku mahasiswa kalau kalian ga pernah diskusi. Dengan diskusi kita bisa menemukan sebuah ide untuk menyelesaikan masalah atau perihal yang didiskusikan. Nah jadilah kreatif dan sesuaikan juga dengan passion kalian. Misal kalian jurusan apa nih, Arsitektur misalnya. Kalian sedang mendiskusikan bagaimana membuat rancang bangun sebuah jembatan yang inovatif dan futuristik (menyasar ke PKM Gagasan Tertulis atau Artikel Ilmiah). Nah dari diskusi antaranak Arsitektur yang jago-jago tentunya bakal bisa membentuk sebuah tim PKM dan dapat mengajukan sebuah solusi tersebut.
  6. Googling
    Yaelah bro, kalo ini mah ane juga udah tau! Jangan salah sangka dulu, kenapa saya masukkan Googling dalam artikel ini? Ya karena Google juga merupakan sumber informasi yang sangat cerdas dan cepat (menurut saya). Ya kalo kalian udah kehabisan ide, tinggal Googling aja tentunya Google akan merekomendasikan artikel-artikel menarik untuk kalian sehingga kalian bisa dengan kreatif menemukan ide untuk diajukan sebagai proposal PKM.
Aslilah banyak juga ya cara mencari ide untuk Program Kreativitas Mahasiswa! Ya semua tergantung dari temen-temen juga. Be creative! Kalo saya sih sesuai penalaran, riset, dan ilmiah aja sih. Alhamdulillah PKM tahun ini lolos didanai dan siap buat maju ke PIMNAS. Doanya ya sob! Hehehe

Nah itulah beberapa tips kecil dari saya, emang nggak seberapa karena ilmu saya masih amat sangat cetek sekali dan belum ada apa-apanya dibanding orang lain. Maka dari itu saya masih butuh dukungan dari temen-temen semua agar menjadi mahasiswa yang baik hatinya lagi damai (kayak Om Mario aja hehehe). Semoga bermanfaat dan semoga sukses! ^^
Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon