Monday, February 13, 2012

Cara Menghafal Unsur Kimia dengan Menyenangkan


Cara Menghafal Unsur Kimia dengan Menyenangkan
Tabel Periodik Unsur

Assalamualaikum wr wb
Cara Menghafal Unsur Kimia dengan Menyenangkan - Temen-temen, kalian tau ngga' tabel periodik unsur kimia? Ya, tabel yang terdapat simbol-simbol unsur kimia di alam. Apaan tu? Malah kadang kita disuruh menghafal guru kita, nggak banget dah. Tapi kewajiban kita sebagai siswa ya mesti belajar. Terus, ada nggak ya trik mudah buat menghafal segitu banyaknya unsur kimia di alam. Nah temen-temen, nih sudah kita ringkas mantra-mantranya, hehehe. Monggo di pelajari.

Cara Cepat Menghafal Unsur Kimia:
Penggolongan Unsur Kimia

1. Unsur golongan 1A (Alkali)
1. H
2. Li
3. Na
4. K
5. Rb
6. Cs
7. Fr

Jembatan Keledai :

Hiiii (seereeeemmm), Lina Kok RaiB! Calon Suaminya FRustasi!
Haji Lina Naik Kuda Rebutan Ciuman sama Frans
Jawa : Halina Karo Robi Cs-se Francis

1. Bayangin Lina raib diculik alien, calon suaminya (CS) frustasi! 2. Bayangin Lina raib melarikan diri karena dipaksa kawin, calon suaminya (CS, datuk meringkih) frustasi! Untuk mengetahui bahwa mantra di atas adalah untuk 1A (Alkali), bayangin lina diculik/melarikan diri berenang kali Arab (Al-Kaliy), hihihihi... Jadi, setiap kali Anda mendengar Alkali, Anda harus membayangkan betapa ngerinya kali Arab (Hiii, sereeeeeemm...). Ekspresi adalah penting dalam mengingat, jika Anda mengucapkan hi, serem tanpa ekspresi, Anda akan dengan mudah melupakan mantra di atas. Tapi jika Anda benar-benar mengekspresikan kengerian kali Arab (Alkalin) dengan bergidik bilang "Hiiiii sereeeeeeeeem.... " mantra di atas akan lebih mudah untuk diingat. Berlatihlah dengan teman-teman Anda, jadikan ekspresi paling seram teman Anda sebagai jembatan pengingat, itung-itung latihan jadi aktor/aktris, siapa tau ada yang ngambil jadi sinetron. Kalo nggak punya teman, bayangin Komeng Si Uhuuy yang ketakutan dan bilang Hiii, sereeeeeeeemmm....

1. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah)
1. Be
2. Mg
3. Ca
4. Sr
5. Ba
6. Ra

Jembatan Keledai :

Jawa : Bebek Mangan Cacing Seret Banget Rasane
Bebek Mangan Cacing kesrempet Ban Radial
Bindeng : Bebek Ma(k)an Cacing Seret Banget Rasanya
Ketika pilek, susah banget bilang "K", jadinya "K" dibilang "NG"


Untuk mengetahui bahwa mantra di atas adalah untuk 1A (Alkali Tanah), bebeknya makan cacing tanah di kali Arab, bukan cacing udara (pernah melihat cacing udara? mereka tinggal di luar angkasa pake masker oksigen buat bernafas)


1. Unsur Golongan 3A (Boron)
1. B
2. Al
3. Ga
4. In
5. Tl

Jembatan Keledai :

Balga Intel! (lembaga intel intelnacionale)
Bu Ali Ga Intelek (yang intelek ya di sini, ga di bali)
Bolly Gally Indie? Taali Taali Taaaalihe... (mantranya orang india kalau sedang nari di tiang listrik sama kalo ketemu pohon)

Untuk mengingat mantra di atas adalah untuk Boron, bayangin Pemborong atau Burung dengan salah satu dari mantra di atas.

1. Unsur Golongan 4A (Carbon)
1. C
2. Si
3. Ge
4. Sn
5. Pb

Jembatan Keledai :

Cewek Si Gendut Sedang Pub (pub = puang aer besar)
Jawa : Cewek Si Gendut Seneng Plembungan (plembungan : balon)
Cah Sing Gendut Seneng Plembungan (plembungan : balon, gembung)

1. Unsur Golongan 5A (Pnictogen)
1. N
2. P
3. As
4. Sb
5. Bi

Jembatan Keledai :

Nenek Pacaran Asyik Sabet (sepet) Bibir (nenek sama kakek ciuman)

1. Unsur Golongan 6A (Kalkogen)
1. O
2. S
3. Se
4. Te
5. Po

Jembatan Keledai :

OS! Se To Po! (lagi latihan yudo)
nakal : Oh, Sayaaang, sss-sss-SeToP! (setop mobilnya! lampu udah merah)

Kalkun sedang latihan yudo, baru beri hormat langsung berhenti: OS (hormat)! Se To Po (berhenti)!

1. Unsur Golongan 7A (Halogen)
1. F
2. Cl
3. Br
4. I
5. At

Jembatan Keledai :

Fuiiiwwwiiit, Color Biru Itu Antik, euy!

1. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia)
1. He
2. Ne
3. Ar
4. Kr
5. Xe
6. Rn

Jembatan Keledai :

Heebaaaaaaaaat (tepuk tangan dong), Negara Arab Kereeeeeeeeeen, seXeeeeeeee Ratunyaaaaaaaaaaaaaa....
Heboh Negara Argentina Karena Xenia ditukar Ranjang

Hahaha, unik nggak temen-temen cara menghafal unsur kimia dengan menyenangkan tadi. Ternyata kimia itu nggak bosenin seperti yang kita bayangkan. Terus belajar, tingkatkan prestasi kalian buat mengharumkan nama Indonesia. . . . Enjoy But Serious with your Chemistry, see U in the next time. Jangan lupa komentarnya yaa...semoga bermanfaat. :)

Wassalamualaikum wr wb

Source: Ceriwis Forum

2 Komentar


EmoticonEmoticon