Monday, July 30, 2012

Cara Membuat Tulisan Arab di Microsoft Word dengan ArabicPad v1.4

Assalamu'alaikum wr. wb.

trik mudah mengetik arab
Cara membuat tulisan arab dengan ArabicPad v1.4 – Secara default Microsoft memang tidak menyediakan fasilitas font arab atau tools untuk menulis arab baik di Ms. Word, Excel, maupun Powerpoint. Padahal bagi penulis yang ingin memasukkan teks Arab hal ini sangat penting. Masalah tersebut bisa diatasi dengan menambahkan bahasa Arab ke OSnya, akan tetapi hal tersebut cukup repot untuk dilakukan, penggunaannya juga agak sulit. Lalu bagaimana solusi mudahnya?

Nah, saya dulu juga gitu, susah sekali bagaimana cara membuat tulisan arab tersebut. Lalu saya googling dan terdampar di webnya mas Ebta Setiawan (ebsoft.web.id) menemukan software berukuran sangat kecil tapi mampu untuk menjawab masalah saya tersebut. Namanya ArabicPad v1.4, walaupun kecil tapi cukup handal dalam membantu menulis tulisan Arab. Cara penggunaanya pun cukup mudah, sudah ada user guidenya.

Bagi sobat yang ingin mendownloadnya, silahkan klik disini (ArabicPadv1.4 – 50 Kb)

Cukup sekian dari saya penjelasan tentang cara membuat tulisan Arab dengan ArabicPad v1.4 ini. Jika ada pertanyaan, opini, kritik, maupun saran, silahkan sobat berkomentar dibawah. Terima kasih sudah mau mampir di blog saya, see U in the next time!

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

2 Komentar


EmoticonEmoticon