Sunday, September 15, 2013

Materi Unsur-unsur Paragraf - Bahasa Indonesia SMA (Chapter 1)

Assalamualaikum wr wb
Materi Unsur-unsur Paragraf - Bahasa Indonesia SMA (Chapter 1)

Setelah sekian lama saya share yang seru-seru dan agak males terus, sekarang saatnya belajar serius, tapi tetep enjoy. Buat adik-adik SMA kelas 1 saat menerima mapel Bahasa Indonesia yang notabene termasuk mudah, sekarang saya ingin memberikan sebuah materi dasar Bahasa Indonesia yakni materi paragraf. Jika di SMP/SLTP sederajat kita sudah mengenal apa itu paragraf, dengan kata lain definisinya, maka kali ini kita belajar apa saja unsur-unsur dari suatu paragraf.

Meskipun merupakan materi dasar, tapi materi ini cukup panjang penjelasannya. Karena itu, saya buat beberapa chapter agar kalian bisa belajar step by step. Oke, daripada penasaran dan baca omongan saya yang terlalu bertele-tele yuk langsung saja simak pembahasan berikut ini, semoga nggak ngantuk, hehehe.


UNSUR-UNSUR PARAGRAF

Sebuah paragaraf terdiri atas unsur-unsur yang membentuknya. Berikut adalah unsur-unsur dalam sebuah paragraf.


1. Ide Pokok

Ide pokok adalah hal yang dibahas dalam suatu paragraf atau pikiran yang menjiwai seluruh isi paragraf. Umumnya ide pokok tersurat dalam paragraf, tapi tak jarang pula dalam bentuk tersirat. Biasanya ide pokok tersurat pada bagian awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf. Kuncinya adalah hal yang dibahas atau dijelaskan dalam paragraf itu.

Cara menemukan ide pokok dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan "apakah yang diungkapkan dalam paragraf ini?".


2. Kalimat Utama

Kalimat utama ialah tempat dimana dituangkannya ide pokok suatu paragraf. Berdasarkan letaknya, kalimat utama terletak di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), atau di awal dan akhir paragraf (deduktif-induktif). Selain itu ada juga paragraf yang tidak memuat kalimat utama tapi hanya mempunyai ide pokok, yaitu paragraf yang ide pokoknya tersirat dalam seluruh paragraf.

Cara menemukan kalimat utama cukup mudah dengan mengetahui ciri-cirinya yaitu terletak di awaal pada umumnya pernyataan bersifat umum, pernyataan yang masih perlu pengembangan, rincian, dan penjelasan lebih lanjut. Jika kalimat utama berbentuk kalimat majemuk bertingkat, maka ide pokoknya terletak pada induk kalimat.


3. Kalimat Penjelas

Kalimat Penjelas adalah kalimat-kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Kalimat ini harus memiliki kesatuan yang padu, yakni semua kalimat tersebut membentuk sebuah paragraf menyatakan suatu ide pokok tertentu. Kalimat penjelas juga harus koheren, yakni memiliki hubungan dengan kalimat lain sehingga membina keutuhan paragraf.

Sekian dulu materi paragraf yakni tentang materi unsur-unsur paragraf. Semoga dapat membantu kamu buat belajar Bahasa Indonesia. Berikutnya adalah materi tentang isi paragraf - bahasa Indonesia (chapter 2), selamat belajar!

Wassalamualaikum wr wb

1 Komentar so far


EmoticonEmoticon