Wednesday, November 6, 2013

Materi Isi Paragraf - Bahasa Indonesia SMA (Chapter 2)

Assalamualaikum wr wb
Materi Isi Paragraf - Bahasa Indonesia SMA (Chapter 2)

Hay hay sobat, udah lama nggak update blog gara-gara laporan yang makin numpuk. Tapi malam ini admin nekat aja ngetik biar nggak tercuekin blog kesayangan kita semua ini, hehe. Berlanjut dari materi sebelumnya yakni Materi Unsur-unsur Paragraf - Bahasa Indonesia SMA (Chapter 1) yang sudah saya bahas dulu, sekarang saya mau share materi selanjutnya yakni materi tentang isi paragraf - bahasa Indonesia SMA (chapter 2) yang sudah saya siapkan buat kalian lahap, hehe. Oke dari pada basa basi terus ayo lanjut belajarnya, let's go!

Materi Isi Paragraf

Isi paragraf adalah pokok-pokok atau hal penting dalam paragraf. Paragraf lengkap mempunyai isi yang mencakup rumus 5W + 1H. Isi paragraf dapat memuat kalimat berupa fakta dan kalimat berupa opini. Sekedar mengingatkan, fakta adalah hal (peristiwa/kejadian) yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Adapun opini adalah pendapat, pikiran, dan pendirian seseorang dalam menanggapi suatu hal.

Dalam teks sering kita temukan beberapa paragraf yang terdapat istilah-istilah khusus. Istilah-istilah tersebut digunakan untuk mengungkapkan maksud tertentu sesuai dengan masalah yang diungkapkan penulis. Istilah tersebut dapat berupa kata atau gabungan kata yang secara cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas di bidang tertentu karena setiap bidang ilmu mempunyai istilah. Misalnya, istilah pertanian, teknologi, ekonomi, olahraga, atau lingkungan.

Apabila kita ingin memahami isi dari suatu paragraf dengan baik, kita harus memahami istilah-istilah yang digunakan di dalamnya. Untuk contohnya dapat kalian cari di internet sudah banyak beredar kok.

Kata kunci: isi paragraf = pahami paragraf =pahami istilah didalamnya.

Oke sobat, mungkin cukup singkat ya cerita dari admin, haha. Materi isi paragraf ini memang mudah tapi membahayakan dalam artian dapat mengecoh kalian saat ujian, hehehe. Yosh, admin udah ngantuk saatnya mengakhiri tatap muka kelas kita kali ini, tetap semangat dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon