Sunday, January 12, 2014

6 Cara Asyik Mengisi Liburan Kuliah

5 Cara Asyik Mengisi Liburan Kuliah
Liburan

Assalamualaikum wr wb
Selamat atas selesainya UAS kalian ya sobat, hehehe. Yang sekolah harus "semangat semester baru" ya biar nanti kemampuan akademik dan non-akademik kalian bisa ngebantu kalau nanti sudah lulus. Sip, buat yang kuliah sekarang waktunya refreshing, menjernihkan pikiran, dan mempersiapkan diri juga buat semester depan karena sekarang waktunya libur UAS. 

Di sini saya ingin sedikit iseng berbagi cara asyik mengisi liburan kuliah karena memang melegakan saat liburan dan harus tetap diisi dengan kegiatan yang bermanfaat sekalipun itu tujuannya untuk bersenang senang.

Ada yang bilang liburan itu penuh dengan hal-hal yang menyenangkan seperti rekreasi, liburan ke tempat pariwisata, sekedar ngumpul bareng temen atau keluarga, atau malah belajar pengetahuan lain yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya.

Ada juga yang bilang liburan itu membosankan karena banyak waktu kosong yang terbuang percuma, mereka yang hanya menganggur dan belum sukses akan berpikiran seperti ini. Pikiran mereka juga biasanya seperti tidak ada kerjaan, bingung mau ngapain, dan terlalu terpaku pada liburan itu sendiri tapi malah tidak menikmatinya.

Nah, sedikit tips buat temen-temen, kakak, mbak, dan semuanya yang memang lagi liburan untuk mengisi liburan kuliah itu sendiri ada cara seru dan asyik untuk dilakukan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Berlibur ke Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi
Nah, bagi yang berbudget cukup, mungkin ini bisa mengobati kegalauan kalian yang sudah terhipnotis akan pesona UAS, hehehe. Berlibur itu sudah asyik, tapi lebih asyik lagi kalau liburan ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Seperti mempunyai pengalaman baru meskipun bagi sebagian orang sudah 'terbiasa' mengunjungi tempat itu, saran saya kunjungi tempat yang dapat menenangkan hati, pikiran, dan jiwa agar aliran darah lancar dan pikiran menjadi positif. Kamu juga bisa mengajak sahabat atau orang spesial sebagai bumbu pelengkapnya, hehe.

2. Mencoba Hobi Baru
Ini yang sebagian besar teman ngampus saya lakukan. Mereka cenderung mencoba hobi baru dan mulai menyukainya. Tak ayal juga cara ini dapat menghindari dari kejenuhan selama masa liburan kamu. Hobi baru tak harus berbudget mahal, yang penting kamu nyaman, asyik, dan menyenangkan selama melakukannya. Tapi jangan mencoba hobi baru yang aneh-aneh ya :)

3. Kerja Paruh Waktu
Yosh, bagi para pekerja keras, dalam menghadapi kerasnya lika-liku kehidupan, mahasiswa tipe ini memang patut diacungi jempol. Sementara temen-temennya yang lain asyik bermain atau sebagainya, tetapi ia tetap bekerja demi kehidupannya. Eits, tapi jangan berpikir pendek seperti itu. Kerja paruh waktu selain menghasilkan uang, juga bisa untuk menghabiskan waktu dengan hal yang bermanfaat, apalagi jika dilakukan dengan kemudahan hati dan tidak terbebani, pasti liburan juga bakal terasa menyenangkan dan bermanfaat.

4. Mengasah Skill Akademik maupun Non-akademik
Bagi mereka yang pengen melakukan asah skill, memang bagus jika dilakukan saat seperti ini. Misal seperti saya yang suka coding, saya bisa mengasah skill selama liburan karena saat kuliah memang sedikit waktu untuk sempat melakukannya. Dengan begitu, liburan akan terasa asyik dan lebih bermanfaat.

5. Berkumpul dengan Keluarga atau Teman Lama
Cara ini memang sederhana, tapi siapa sangka dibalik kesederhanaannya itu menyimpan banyak hal-hal yang menyenangkan. Mendekatkan diri dengan keluarga adalah hal yang menyenangkan, begitu juga dengan teman lama. Kamu bisa sharing pengalaman waktu kuliah, tanya-tanya pengalaman gimana saja selama kuliah, dan sudah dapat perkembangan apa selama masa perkuliahan itu. Topiknya juga jangan tentang kuliah mulu, misal kamu juga bisa mengingatkan masa-masa dulu waktu masih sekolah atau saat bermain bersama. Enjoy it!

6. Mempersiapkan Diri untuk Semester Depan
Hehehe, mungkin hanya sebagian kecil yang bilang cara ini asyik buat mengisi liburan. Tapi tak salah juga karena kita masih akan berhadapan dengan perkuliahan lagi. Ya memang liburan itu diisi dengan hal yang seru dan asyik, tapi mempersiapkan diri sejak awal untuk semester depan seperti menuliskan visi dan misi, mengetahui mata kuliah lebih awal dan mencari materi ke kakak angkatan, merancang jadwal kegiatan sehari-hari, update info dari jurusan/dekanat/rektorat tentang akademik, dan lain-lain juga bisa menjadi kegiatan yang asyik selama liburan kuliah. Intinya jangan dibuat sulit kalau memang mudah.

Kalau pribadi saya sih suka belajar hal baru dan meningkatkan skill terutama di pengolahan blog dan peningkatan penghasilan dari Google Adsense, malah 2 in 1 kan. Ya memang target saya harus bisa beli Nokia Lumia dengan duit sendiri biar bisa main xBox, hehehe.

Sip, cuma segitu aja tips 6 cara asyik mengisi liburan kuliah biar tambah seru. Kalau kalian punya cara unik tersendiri bisa dishare di komentar ya. Udah ngantuk saatnya pergi ke alam bawah sadar, hehe. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Wassalamualaikum wr wb

2 Komentar


EmoticonEmoticon