Tuesday, January 21, 2014

Cara Menulis Daftar Pustaka dengan Benar - Bahasa Indonesia SMA

Assalamualaikum wr wb
Hay guys, meskipun dirundung hujan seharian, kalian harus tetap semangat, oke. Admin sekarang ingin berbagi tentang bagaimana cara menulis daftar pustaka dengan benar. Ya, meskipun sudah menginjak SMA, tidak sedikit siswa sering kesulitan bahkan lupa cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Padahal daftar pustaka penting bagi siswa sebagai pembelajaran nantinya misal untuk membuat proposal, jurnal ilmiah, makalah, dan sebagainya.

Cara Menulis Daftar Pustaka dengan Benar - Bahasa Indonesia SMA
Daftar pustaka yang benar ditulis dengan baik sebagai bagian dari artikel atau tulisan kita yang bersifat ilmiah. Oke langsung saja seperti inilah cara menulis daftar pustaka dengan benar, simak baik-baik ya dan jangan sampe kelupaan, hehehe.
  1. Daftar pustaka disusun urut secara alfabetik dari atas ke bawah tanpa penomoran.
  2. Format penulisan adalah:
    [nama belakang] [nama depan].[tahun terbit buku].[judul buku].[kota penerbitan buku]: [nama penerbit]
  3. Judul buku dicetak miring atau digaris bawahi.
  4. Jika sumber pustaka dua atau lebih dengan pengarang sama, maka sumber dirilis dari buku yang terbit dahulu lalu diikuti buku yang baru terbit. Pada sumber ke dua ditambahkan tanda garis panjang.
  5. Apabila daftar pustaka berasal dari sumber internet, maka dapat ditulis sebagaimana yang dianjurkan oleh Sophia ( 2002 ), di mana komponen bibliografi online tersebut ditulis seperti berikut : 
    nama pengarang
    tanggal revisi terakhir
    judul makalah
    media yang memuat
    url yang terdiri dari protocol/situs/path/file
    tanggal akses
  6. Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari buku;
    pertama: penulisan nama untuk awal memakai huruf besar terlebih dulu sesudah nama belakang ditulis beri tanda koma [,], diawali dari nama belakang lalu diberi tanda koma [,] serta dilanjutkan dengan nama depan,
    kedua: tahun pembuatan atau penerbitan buku,
    ketiga : judul bukunya ingat ditulis unakan huruf miring sesudah judul pakai ( sinyal titik ),
    keempat : area diterbitkannya sesudah area penerbitan pakai ( sinyal titik dua ), serta
    kelima : penerbit buku tersebut diakhiri dengan ( sinyal titik ). Berikut contoh penulisannya.

    Peranginangin, Kasiman ( 2006 ). Aplikasi Situs dengan PHP serta MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
    Soekirno, Harimurti ( 2005 ). Langkah Gampang Menginstall Situs Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta : Elex Media Komputindo.
  7. Penulisan daftar pustaka yang kian lebih satu/dua orang penulis dalam buku yang sama.
    Pertama catat nama belakang dari penulis yang pertama sesudah nama belakang diberi (tanda koma) lantas catat nama depan jika nama depan berbentuk singkatan catat saja singkatan itu sesudah nama pertama selesai diberi (tanda titik) lalu diberi (tanda koma) untuk nama ke-2 / ketiga ditulis sama seperti nama pertama yang berubah penulisannya hanya orang pertama namun orang ke-2 serta ketiga sama. Sesudah penulisan nama ke-2 selesai, jika tiga penulis maka memakai tanda serta (&) pada nama paling akhir begitupula bila penulisnya cuma dua orang saja, sesudah penulisan nama selesai, ke-2 ; tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan dimulai tanda kurung buka serta kurung tutup ( ) sesudah itu diberi (tanda titik). ketiga ; judul buku atau karangan sesudah itu beri (sinyal koma) serta ditulis dengan huruf miring. keempat ; yakni penulisan bagian penerbitan/cetakan sesudah itu beri (tanda titik dua :) serta paling akhir kelima ; nama perusahaan penerbit buku atau catatan tersebut serta diakhiri (sinyal titik). Untuk gelar akademik tidak ditulis dalam penulisan daftar pustaka. Nah contoh penulisannya seperti berikut ini: 

    Suteja, B. R., Sarapung, S. A., & Handaya, W. B. T. ( 2008 ). Memasuki Dunia E-Learning. Bandung : Penerbit Informatika.
    Whitten, J. L., Bentley, L. D., Dittman, K. C. ( 2004 ). Systems Analysis and Design Methods. Indianapolis : Mcgraw-hill Education.
Sip, itulah cara menulisa daftar pustaka dengan benar dan kalian jangan sampai lupa lagi materi seperti ini karena daftar pustaka sangat penting untuk setiap makalah, laporan ataupun tulisan lainnya yang kita buat secara ilmiah. Oke, semoga bermanfaat, tetap semangat dan salam sukses.

Wassalamualaikum wr wb

2 Komentar

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN Terbaru


EmoticonEmoticon