Friday, January 17, 2014

Review Sejarah Perkembangan Windows Phone

WP 7 Series (Gambar: PocketNow)

Assalamualaikum wr wb
Review Sejarah Perkembangan Windows Phone - Windows Phone adalah mobile OS yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft yang sebelum sudah mempunyai OS mobile lain yakni Windows Mobile. Windows Phone merupakan adaptasi dari sistem operasi Windows 8 dengan konsep baru yang sebelumnya disebut Metro UI, tetapi kemudian menjadi simply modern. Ciri khas kotak-kotak pada layar home atau lebih dikenal dengan live tiles ini membuat Windows Phone terkesan simple dan dinamis.

Berikut coba kita tilik beberapa versi dari OS Windows Phone yang sudah digunakan oleh Nokia, HTC, Samsung, dan beberapa vendor besar lainnya.

Windows Phone 7

Sistem operasi Windows Phone varian pertama ini diumumkan awal tahu 2010 pada bulan kedua. Berbagai sanjungan, pujian, bahkan kritikan dilontarkan kepada pemain baru di pasar sistem operasi mobile ini. Setelah pengumuman disebarkan ke seluruh media dan dunia, OS ini langsung melenggang ke pasaran pada akhir 2010 tepatnya bulan November dengan Nokia sebagai partnernya.

Windows Phone 7.5 Mango

Selang beberapa bulan versi pertama bermain di pasaran, update OS Windows Phone pun bergulir pada bulan Mei 2011. Terdapat perubahan yang cukup banyak di update pertama OS milik Microsoft ini yang membawa beberapa perubahan terutama pada penggunaan aplikasi dan penambahan browser andalan Microsoft yakni Internet Explorer 9 yang sudah terintegrasi dengan layanan sosial media seperti Twitter dan akses Windows Live SkyDrive.

Windows Phone 7.5 Tango

Varian OS Windows Phone selanjutnya dikenal dengan kode Tango untuk nomor versi sama dengan sebelumnya. Namun pada OS versi ini menuntut kebutuhan hardware lebih tinggi dari versi sebelumnya yang menjadikan ponsel-ponsel WP Mango turun harga. Fitur baru yang bisa dinikmati pada versi ini adalah kemampuan hotspot Wi-Fi dan flip to silence, tapi masih banyak fitur terbaru lainnya.

Windows Phone 7.8

Sebelum Microsoft melakukan pengembangan besar pada OS Windows Phone (Windows Phone 8), mereka menyempatkan untuk mengupgrade WP 7.5 ke WP 7.8 yang pengembangannya masih menjadi perbincangan hangat kala itu. UI berubah dari tile yang berukuran wide dan medium pada versi sebelumnya, sekarang menjadi lebih variatif dengan ukuran small. Sekilas perbedaannya pada UI hanya itu saja, tapi dari aplikasi Microsoft pun menyediakan beberapa perubahan yang tentunya bermanfaat untuk smartphone Windows Phone agar lebih powerfull lagi.

Windows Phone 8

Sekitar bulan Oktober 2012 lalu, pengembangan besar Microsoft pun diumumkan yakni versi terbaru dari OS mobilenya itu yang dikenal dengan Windows Phone 8. Perubahan besar-besaran dilakukan Microsoft, mulai dari UI (sekilas sama dengan Windows Phone 7.8), konektivitas, aplikasi, dukungan layanan, integrasi dengan akun live, fitur kamera yang disempurnakan, Windows Store App yang lebih nyaman dan banyak aplikasi, peningkatan resolusi layar, USB mass Strorage, NFC, Kid Corner, Bluetooth LE, dan masih banyak lagi.

Dengan dirilisnya OS Windows Phone 8 ini juga menggantikan arsitektur Windows CE keernel Windows NT, yang memudahkan aplikasi dikirim dari Windows 8 ke sebuah smartphone Windows Phone 8 yang dulunya harus menggunakan aplikasi Zune pada versi pendahulunya. Windows Phone 8 juga akan terus mendapatkan dukungan mulai dari Windows Phone 8 pertama hingga versi terbarunya karena Microsoft sekarang fokus pada WP 8 ini. Dengan demikian, mereka akan menghentikan dukungannya pada WP 7.8 ke bawah untuk menggantikan peran sebagai OS versi tunggal yakni WP 8.

Update diberikan dari Microsoft dan juga vendor yang memakai WP 8 itu sendiri. Sekarang kabar terhangat adalah dari Nokia dengan update Windows Phone mereka yang rutin mulai dari update Amber, GDR3, hingga yang terbaru yang disebut Black. Hal ini tentu membawa dampak positif karena update ini diperuntukkan semua ponsel WP Nokia yang mengadopsi OS Windows Phone 8.

Windows Phone 8.1

Versi paling baru dan sedang hangat dibicarakan ini belum menemui titik terang seperti apa tampilan atau spesifikasi dan fitur-fiturnya dari sumber tepercaya. Hanya di internet sudah banyak konsep yang menunjukkan kehebatan WP 8.1 ini. Seperti banyak fitur menarik yang belum pernah ada di OS lainnya. Sepertinya saya harus mengikuti terus perkembangan untuk mendapatkan update berita terbarunya.
Update!
Akhirnya Microsoft resmi meluncurkan update Windows Phone 8.1 walau baru sebatas Developer Review yang dalam artian belum Comsumer Version. WP sudah mengalami banyak tingkatan seperti notification center, 3 tiles columns, peningkatan kinerja kamera dan koneksi, asisten digital Cortana yang canggih, dan masih banyak lagi.

Nah, bagaimana sejarah perkembangan Windows Phone sampai saat ini menguasai pangsa pasar yang cukup besar di beberapa negara? Tentunya menarik untuk disimak sob. Dari dulu saya sudah menyatakan tertarik dengan OS ini karena integrasi layanan yang begitu bagus dan juga OS ini jarang lag, sesuai dengan slogan yang dilontarkan Microsoft (smooth and fluid).

Oke mungkin cukup sekian dari saya, artikel ini saya adopsi dari paseban.com ketika saya lagi jalan-jalan dan nemu tema yang menarik untuk saya buat artikel dengan gaya bahasa saya sendiri. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Wassalamualaikum wr wb

Sumber: http://portal.paseban.com/review/110652/sistem-operasi-windows-phone


EmoticonEmoticon