Monday, September 23, 2013

Materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Tata Nama Binomial, dan Kunci Determinasi - Biologi SMA Kelas 10

Assalamualaikum wr wb

Materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Tata Nama Binomial, dan Kunci Determinasi

Jumpa lagi dengan saya kawan, admin kece yang selalu menebar virus cinta damai, hehehe. Lama sudah tak pegang buku biologi yang berserakan rapi di rak, saya mencoba mengingatkan kembali masa kenangan dulu ketika masih bergelut dengan biologi, salah satu mata pelajaran pembangkit, penyemangat, dan penyelamat saya. Setelah beberapa ratus hari yang lalu saya pernah share materi tentang biodiversitas (keanekaragaman hayati), saya kembali melanjutkan materi tersebut agar tidak terombang-ambing nasibnya, hehe. 

Kali ini saya share artikel berjuluk “Materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Tata Nama Binomial, dan Kunci Determinasi” yang termasuk materi Biologi SMA Kelas 10. Oke daripada kelamaan saya cekcok sendiri, kita langsung ke TKP aja, check this out!

A. Klasifikasi Makhluk Hidup
Kalin tentu pernah mendapat materi ini sebelumnya, jadi jangan bosen ngliatnya ya, hehehe. Agar lebih mudah mengenali beragam makhluk hidup, kita perlu mengklasifikasikan makhluk hidup. 

Setiap kelompok makhluk hidup (takson) memiliki kategori tertentu dan sifat khusus yang berbeda dengan takson lainnya. Tingkatan takson bertujuan memudahkan dalam mengelompokkan organisme, yang terklasifikasi mulai dari tingkatan takson tertinggi sebagai berikut.
  1. Kingdom/Regnum
  2. Filum/Divisio
  3. Classis (kelas)
  4. Ordo (bangsa)
  5. Familia (suku)
  6. Genus (marga)
  7. Species (spesies/jenis)
Selain itu ada juga syarat penulisan mahkluk hidup menurut Tata Nama Binomial (Binomial Nomenclature) dari Carolus Linnaeus:
  1. Terdiri dari 2 kata, kata pertama menunjukkan genus yang diawali dengan huruf kapital dan kata kedua menunjukkan spesies yang diawali dengan huruf kecil.
  2. Menggunakan bahasa latian atau yang dilatinkan.
  3. Kedua kata digarisbawahi secara terpisah atau menggunakan huruf miring.
Contoh: Oryza sativa/Oryza sativa

B. Kunci Determinasi
Kunci determinasi dilakukan untuk mengidentifikasi tumbuhan maupun hewan, terutama jika tidak memiliki spesimen acuan. Kunci identifikasi memiliki batas kemamnpuan yang berbeda. Kunci dikotom merupakan kunci identifikasi dengan menulusuri jalur dua alternatif pernyataan pada setiap tahap identifikasi.

Oke, cukup sekian Materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Tata Nama Binomial, dan Kunci Determinasi kali ini. Jangan bosan-bosan untuk terus update materi dari blog saya ya kawan, akan selalu ada yang baru di sini. Ada quote dari aku nih sebelum pamit, “Bintang bersinar dari dirinya sendiri, begitu juga orang yang berakhlak dan berilmu.

Sip, sudah dipenghujung waktu nih, saya pamit mau siap-siap kuliah kawan. Selamat belajar dan salam sukses!

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon